Bagikan

SEMARANG- Penanganan bencana antarsatu daerah dengan daerah lain memang memiliki keunggulan masing-masing.

Dalam rangka sharing penguatan penanganan bencana, tak terkecuali Covid-19, Selasa (24/8/2021), anggota Komisi E DPRD Jatim melakukan kunjungan kerja ke Kantor BPBD Prov. Jateng, di Jl Imam Bonjol 1-F Semarang.

Kunjungan kerja kali ini dipimpin Wakil Ketua Komisi E, Ir Artono MM. Turut hadir sejumlah anggota Komisi E, di antaranya, Dra Hj Aida Fitriati M.P.d.I, Umi Zahrok M.Si, Siti Mukiyanti, Dr Zaenal Abidin, Suwandy F. SE, dan Adam Rusydi S.Pd.

Hadir pula untuk mendampingi, Sekretaris BPBD Jatim Erwin Indra Widjaja SE MAP, Kabid PK Gatot Soebroto SE M.PSDM, Kabid RR Andhika N Sudigda ST M.Si, Plt Kasubbag Sungram Heru Wibowo SE MM, dan Kasie Logistik Bige Agus Wahjuono SE.

Kunjungan kerja kali ini disambut Plt Kalakhar BPBD Prov Jateng, Ir Safrudin M.Si dan sejumlah pejabat eselon III di lingkungan BPBD Jateng.

Dalam paparannya, Plt Kalakhar BPBD Jateng menyampaikan, secara administrasi, Jateng terdiri dari 35 Kab/kota yang meliputi, 30 Kab dan 5 Kota. Dari jumlah itu, 2 kota belum memiliki kelembagaan BPBD, yakni, Kota Magelang dan Kota Salatiga.

Selain penanganan Covid-19, saat ini BPBD Jateng juga memfokuskan diri pada upaya mitigasi dan antisipasi bencana Gunung Merapi.

Plt Kalakhar BPBD Jateng juga menyampaikan apresiasi kepada BPBD Jatim atas langkah cepat melakukan sejumlah penanganan Covid-19, seperti, pendirian 5 RS Lapangan Darurat.

Sementara, sejumlah anggota Komisi E DPRD Jatim juga melakukan pendalaman atas informasi penanganan covid-19 dan bencana di Jateng, di antaranya, soal desa/kampung tangguh, potensi gempa dan tsunami di wilayah Selatan Pulau Jawa dan beberapa masalah lainnya.

Acara kunjungan kerja Komisi E DPRD Jatim ini akhirnya dipungkasi dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak sebagai bentuk apresiasi dan kerjasama antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + thirteen =