Bagikan

Situbondo – BPBD Jatim akan melangsungkan Pelatihan Water Rescue di kawasan Pasir Putih, Kab. Situbondo yang diikuti oleh 30 peserta BPBD Kabupaten/Kota di Jawa Timur selama empat hari ini, Kamis-Minggu (10-13/6/2021).

Pembukaan pelatihan dilangsungkan Kamis malam (10/6/2021) di Ruang Serbaguna Sidomuncul II Pasir Putih, Kab. Situbondo.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Sekretaris BPBD Jatim Erwin Indra Widjaja SE MAP, Kabid PK Gatot Soebroto SE M.PSDM, Asisten II Pemkab Situbondo Moh Imam Darmaji, dan sejumlah Kalaksa BPBD Kab/Kota se-Jatim.

Dalam laporannya, Kasi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nurseno S.STP, M.IP yang juga selaku Ketua panitia menyampaikan, kegiatan pelatihan Water Rescue ini merupakan kegiatan kali ketiga yang digelar BPBD Jatim.

Kabid PK Gatot Soebroto dalam sambutannya mewakili Plt Kalaksa BPBD Jatim menyampaikan pentingnya pelatihan water rescue ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi TRC guna melakukan penyelamatan saat terjadi laka air.

Untuk kali ketiga ini, BPBD juga menggandeng instruktur dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI-AL dan Association of Diving School (ADS) Internasional.

Sementara, Asisten II Pemkab Situbondo Moh Imam Darmaji saat membuka pelatihan ini menyampaikn, wilayah Pasir Putih selama ini memang sering digunakan untuk latihan karena pantainya yang landai.

Pelatihan ini sangat penting untuk peningkatan kapasitas aparatur dari BPBD Provinsi, Kabupaten / Kota serta Tim TRC PB Jatim dan untuk menjaga kelestarian konservasi terumbu karang, melalui pelatihan selam ini para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat tidak hanya belajar teori dan praktek penggunaan alat selam yang di berikan oleh instruktur.

Kami BPBD Provinsi Jawa Timur berharap dapat menjadi pelopor dan contoh untuk semua pecinta alam bawah laut agar tetap bisa melestarikan, menjaga habitat terumbu karang dan hewan air lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 17 =