Bagikan

PROBOLINGGO- Satu lagi kabupaten/kota di Jatim yang kini memiliki Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). Daerah tersebut tak lain adalah Kota Probolinggo.

Pembentukan FPRB Kota Probolinggo ini ditandai dengan pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) perdana yang berlangsung di Gedung Puri Manggala Bhakti Pemkot Probolinggo Jl Panglima Sudirman no 19 Kota Probolinggo, Senin (31/5/2021).

Prosesi Mubes I FPRB Kota Probolinggo dibuka secara resmi oleh Walikota Probolinggo, H. Habib Hadi Zaenal Abidin, dengan didampingi perwakilan Forkopimda setempat, Asisten I Ir Gogol Sujarwo dan Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, S.STP, MM.

Hadir pula dari provinsi, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Soebroto SE M.PSDM, Sekretaris BPBD Jatim Erwin Indra Widjaja SE MAP, dan Sekjen FPRB Jatim, Catur Sudarmanto.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo dalam laporannya menyampaikan, setelah acara Mubes, pembentukan FPRB akan dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan pada malam harinya dan disambung dgn aksi penanaman bibit pohon mangrove di Pantai Permata pada Selasa pagi (1/6/2021).

Sementara, Walikota Probolinggo Habib Hadi dalam sambutannya, berharap agar pembetukan FPRB Kota Probolinggo tidak hanya bergerak untuk Kota Probolinggo saja tapi juga bisa membantu daerah tetangga yang terkena bencana.

Ia juga berharap kepada Pemprov Jatim agar Kota Probolinggo ke depan bisa dijadikan posko penanggulangan bencana untuk wilayah Bromo Tengger Semeru. Karena secara geografis, Probolinggo berada di tengah-tengah.

“Mungkin semua peralatan penanggulangan bencana bisa distandby-kan di Probolinggo. Sehingga saat terjadi bencana, seperti, longsor, pemerintah provinsi dan probolinggo bisa hadir dengan cepat ke lokasi bencana demi urusan kemanusiaan,” ujarnya.

Selain sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo, hadir pula dalam acara itu, sejumlah perwakilan Komunitas seperti, Karang Taruna, LPBI NU, MDMC, PMI dan sejumlah NGO di Kota Probolinggo.

Turut hadir pula dari BPBD Jatim, Kasubag TU BPBD Jatim Kemal Faruk S.Sos, Kasubag keuangan BPBD Jatim Suharlina Kusuma Wardani, ST MT. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 12 =