Bagikan

MADIUN- Bencana alam yang masih marak terjadi di Jatim diantisipasi tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD Jatim, BPBD Kabupaten/Kota, Dinas Kehutanan dan Tim Pemadam Kebakaran Madiun dengan menggelar latihan gabungan (Latgab) di Waduk Bening, Madiun.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (7/4/2021) ini difokuskan pada penanganan dua kejadian bencana, yakni, Search And Rescue (SAR) permukaan air dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Latgab yang diikuti sekitar 200 personel ini dibuka oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, dengan ditandai pengibaran Bendera Merah Putih raksasa sepanjang 25 meter.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim Nico Afinta berharap agar setelah mendapatkan ilmu terkait dengan penanganan bencana alam, semua elemen tetap menjaga sinergitasnya. Kebersamaan dalam bersinergi saat bencana dinilai menjadi bagian penting dalam kesuksesan penanganan bencana.

“Saya dengan Bapak Pangdam dan Ibu Gubernur, sering kali mengalami bahwa komunikasi yang baik, koordinasi yang baik tentunya akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Tidak ada permasalahan yang tidak selesai selama hal tersebut dapat kita komunikasikan dengan baik,” jelasnya. 

Dalam latgab SAR dan Karhutla tersebut, BPBD Jatim menerjunkan tiga pleton yang terjadi dari Tim Reaksi Cepat (TRC), Tim Pusat Data dan Operasional (Pusdalops) dan Tim Mitigasi Bencana.

Tak hanya personel, BPBD juga membawa sejumlah peralatan, seperti, 1 unit Perahu Amphibi, 1 unit Perahu Karet, 1 unit Evalog, 1 unit Truk Serbaguna, 1 Ranger, peralatan selam dan SAR.

Selain BPBD Jatim, utusan dari BPBD Kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama. Di antaranya, BPBD Kab. Jombang yang membawa 1 Truk Shelft loader, dan 1 unit Speedboat. Lalu BPBD Kab. dan Kota Madiun membawa 1 unit Truk Damkar

Tak itu saja, BPBD Jatim juga didaulat memberikan materi tentang Management Posko dan Pembagian Peran.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Drs Sriyono MM, M.Si mewakili Plt Kalaksa BPBD Jatim Yanuar Rachmadi mengungkapkan, keterlibatan Tim BPBD Jatim baik secara personel dan peralatan dalam latgab kali ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada Tim Gabungan dalam penanggulangan bencana di Jatim.

“Artinya, kita selalu siap untuk bersinergi dan bekerjasama demi mencapai kolaborasi yang baik, khususnya untuk aksi tanggap darurat saat terjadi bencana,” ujarnya sembari diiyakan Kasi Kedaruratan, Satriyo S.STP, MIP. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 12 =