Bagikan

SURABAYA- Bantuan kemanusiaan dari Jawa Timur untuk korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat, hari ini, Selasa (26/1/2021), diberangkatkan dengan menggunakan KRI Banda Aceh.

Pelepasan keberangkatan bantuan yang dilaksanakan di Dermaga Madura Surabaya ini ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mewakili Gubernur Jatim kepada Pangkoarmada II Laksma TNI Sudihartawan.

Selanjutnya penyerahan bantuan dilanjutkan kepada Kepala Komando Kapal KRI Banda Aceh dan penyerahan sejumlah bantuan simbolis lainnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, sejumlah pejabat Pemprov Jatim, di antaranya, Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan, Kadinkes Jatim dr Herlin Ferliana, dan Plt Kalaksa BPBD Jatim Yanuar Rachmadi.

Turut hadir dari BPBD Jatim, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Gatot Soebroto, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Andhika N. Sudigda, Kabid Kedaruratan dan Logistik Sriyono, serta sejumlah pejabat eselon IV dan Tim TRC BPBD Jatim.

Selain penyerahan bantuan, pelepasan pemberangkatan bantuan juga diwarnai dengan peninjauan barang bantuan di dalam geladak kapal.

Pangkoarmada II Laksma TNI Sudihartawan kepada wartawan menyampaikan terimakasih kepada segenap elemen masyarakat dan Pemprov Jatim atas bantuan yang disalurkan kepada masyarakat korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar.

Menurutnya, animo masyarakat untuk memberikan bantuan kepada korban bencana cukup tinggi.

“Hampir setiap hari selalu ada yang menitipkan bantuannya ke kita. Atas nama TNI AL dan Pemprov Jatim kami mengucapkan banyak terimakasih,” ujarnya.

Sementara, KRI Banda Aceh yang berangkat dari Surabaya menuju ke Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) diperkirakan akan tiba di Banjarmasin, besok, Rabu (27/1/2021).

Berdasar jadwal keberangkatan dan kedatangan, KRI Banda Aceh akan berangkat ke Mamuju pada Hari Jumat (29/1/2021).

“Perkiraan berdasar jadwal, KRI Banda Aceh akan tiba di Mamuju hari Minggu pagi (31/1) sekitar 07.00 WITA,” ujar Pangkoarmada II Sudihartawan didampingi Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bantuan kemanusiaan ke Kalsel yang akan diserahkan Pemprov Jatim berupa beras 10 ton dan uang senilai Rp 1 milyar.

Sedang bantuan untuk Sulbar terdiri dari, beras 10 ton, mie instan 500 dos, biskuit 1000 pcs, teh celup 1000 box, pampers 400 pack, Gula pasir 500 kg, pembalut wanita 500 pack, dan sabun mandi 500 pcs.

Selain itu, juga shampoo 366 botol, pasta gigi 500 pcs, sikat gigi 200 pcs, handuk 200 pcs, pakaian dalam 351 pcs, selimut 34 pcs, dan dana senilai Rp 1 milyar.

Di samping bantuan kemanusiaan dari Pemprov Jatim, juga diserahkan secara simbolis bantuan dari Pangkoarmada II, Ketua Jalasenastri Armada II, bantuan kemanusiaan dari Ketua DPRD Jatim, Dankodiklatal, Pasmar 2, Komandan STTAL dan bantuan kemanusiaan dari instansi vertikal dan sejumlah organisasi masyarakat, seperti, Komunitas Anak Rantau Surabaya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =