Ditandu Bak Jenderal Soedirman, Gubernur dan Forkopimda Launching Jatim Bermasker

SURABAYA- Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kebiasaan bermasker tak lelah disosialisasikan jajaran Forkopimda Jatim.

Setelah pekan lalu, Mendagri bersama gubernur melaunching Gerakan 26 Juta Masker di Malang, hari ini, Kamis (13/8/2020), giliran Gubernur bersama Forkopimda Jatim melaunching Gerakan Jatim Bermasker di Markas Batalyon  Arhanudse-8, Sruni, Gedangan, Sidoarjo.

Launching Gerakan Bermasker kali ini ditandai dengan pemberangkatan iring-iringan kendaraan bermotor Satgas Penanganan Covid-19 yang berunsur personel gabungan TNI-Polri.

Pemberangkatan iring-iringan tersebut diambil startnya oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah dan Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran.

Selain aksi iring-iringan kendaraan bermotor Satgas Penanganan Covid-19, acara launching itu juga disemarakkan dengan aksi paramotor dan paralayang yang diperagakan anggota Yon Arhanudse-8 Sruni.

Sebelumnya, semarak acara juga terlihat di saat penyambutan kedatangan Forkopimda Jatim di Markas Yon Arhanudse-8 Sruni. Trio forkopimda itu disambut dengan pasukan pengiring tandu layaknya Panglima Besar Jendral Soedirman. Ketiga Forkopimda Jatim itu lalu diarak di atas tandu dengan sorakan pasukan gabungan anggota TNI dan Polisi.

Gubernur Khofifah dalam sambutannya tak lupa mengapresiasi semangat personel gabungan TNI-Polri dalam acara tersebut.

Ia pun mengingatkan kepada semua kalangan terkait Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020  tentang Instruksi Presiden (INPRES) tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 yang baru diundangkan 4 Agustus 2020 lalu.

Dalam Inpres itu ditegaskan bahwa masing-masing pejabat punya tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan protokol kesehatan, baik itu para menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, maupun bupati/walikota.

“Saya kira ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk melakukan aksi melindungi masyarakat agar tidak tertular Covid-19. Caranya dengan menjaga protokol kesehatan Covid-19, yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” pesan Khofifah

Selain Forkopimda dan personel gabungan TNI-Polri, hadir juga dalam acara tersebut Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kasatpol PP Jatim Budi Santoso dan Kepala Bakesbangpol Jatim Jhonatan. (*)

Leave a Reply