Bagikan

Prinsipnya, jika evakuasi pasien dilakukan dengan cepat, pelayanan juga dilakukan dengan cepat, maka kesembuhan juga bisa dicapai dengan cepat.”

SURABAYA- Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Lapangan (RSDL) Indrapura kini terus meningkat.

Terbaru, data per Hari Minggu (12/7/2020), menyebutkan, sebanyak 391 pasien terkonfirmasi positif covid-19 telah dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke keluarga masing-masing.

Sejak beroperasi tanggal 25 Mei 2020, RS yang diresmikan Kepala Gugus Tugas Pusat Letjend TNI Doni Monardo bersama Menkes RI Terrawan Agus Putranto ini telah merawat 478 orang pasien terkonfirmasi positif.

Dari jumlah total pasien yang dirawat tersebut, sebanyak 83 orang tengah menjalani perawatan dan 4 orang telah dirujuk ke rumah sakit Covid-19 yang lain.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa langsung mengapresiasi seluruh kerja keras tim medis di RSDL Indrapura dalam upaya menyembuhkan pasien covid-19.

Tingkat kesembuhan pasien yang tinggi, menurutnya, menjadi bukti keseriusan dan komitmen dari seluruh pihak, tak terkecuali tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan pasien RS tersebut.

Untuk itu, mantan Menteri Sosial ini tetap berharap agar layanan di RSDL Indrapura terus ditingkatkan.

Ia lalu mencontohkan, dalam menjalani perawatan, seluruh pasien harus diajak membangun suasana yang positif. Bahkan saat masa penyembuhan, para pasien juga harus dibuat rileks dan bahagia.

Selama ini, RSDL memang telah berupaya memberikan perawatan yang terbaik kepada semua pasien. Setiap pagi, seluruh pasien diajak berjemur sembari senam bersama para nakes.

Selain itu, di RSDL juga telah disediakan coffee shop dengan layanan self service sebagai penunjang program relaksasi pasien.

Gubernur Khofifah menyatakan, upaya untuk meningkatkan kesembuhan pasien covid-19 di Jatim adalah upaya yang tak henti dilakukan.

“Prinsipnya, jika evakuasi pasien dilakukan dengan cepat, pelayanan juga dilakukan dengan cepat, maka kesembuhan juga bisa dicapai dengan cepat,” tegasnya.

Apalagi, RSDL Indrapura yang saat ini dalam koordinasi Pangkogabwilhan II telah menjadi posko utama dalam menjalankan ‘one gate referral system’.

Kecepatan penanganan pasien covid-19 yang dilakukan di RSDL Indrapura ini diharapkan juga diterapkan di seluruh RS rujukan covid-19 di Jatim.

Gubernur Khofifah juga menyatakan rasa syukur dan terima kasih, karena selama menjalankan RSDL Indrapura, pihaknya juga mendapatkan banyak dukungan, misalnya dukungan nakes dari jajaran TNI, dan juga dukungan alkes dari banyak pihak.

“Ini juga bukti bahwa penanganan yang optimal membutuhkan strong partnership dari seluruh lini,” ujarnya.

Ia pun berharap, capaian menggembirakan dari RSDL Indrapura saat ini dapat menular ke 99 rumah sakit rujukan covid-19 lain. Sehingga bisa turut meningkatkan case recovery rate (angka kesembuhan) dan menurunkan case fatality rate (angka kematian) pasien Covid-19 di Jatim. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *