Bagikan

SURABAYA- Kepedulian banyak kalangan terhadap melejitnya angka penyebaran Covid-19 di Jatim terus mengalir. Kali ini kepedulian itu datang dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kepedulian itu diwujudkan dalam bentuk bantuan satu unit Ventilator Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula 01 (GLP HFNC-01). Ventilator produksi dalam negeri ini merupakan produk terapi oksigen beraliran tinggi pertama di Indonesia yang telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

Penyerahan ventilator hasil kerjasama LIPI dengan PT Gerling Utama Mandiri itu dilakukan Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Agus Haryono M.Eng kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (7/7/2020).

Hadir dalam penyerahan tersebut, Direktur RSUD dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi, Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono dan Kepala Balitbang Jatim Anom Surahno.

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr. Agus Haryono, M.Eng usai menyerahkan bantuan tersebut menjelaskan, ventilator yang diserahkan ini merupakan ventilator buatan Bandung yang 80 persen sparepartnya berasal dari dalam negeri.

Manfaat alat ini, kata Agus, diperuntukkan bagi pasien yang mengalami gagal nafas, namun masih bisa melakukan pernafasan sendiri. Kalau ventilator tipe lainnya untuk pasien dengan tingkat gagal nafas yang parah.

Bisa dikatakan, sebelum pasien Covid-19 gagal nafas, diupayakan membaik dulu kondisinya dengan alat ini. Langkah ini sebagai upaya pencegahan.

“Alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif. Dan ini baru pertama kali dikembangkan di Indonesia. Sekiranya bisa membantu penanganan Covid-19,” katanya.

Atas bantuan yang diterima, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih dan dukungan yang diberikan LIPI. Khofifah menyebut bantuan tersebut sebagai wujud kegotong-royongan melawan Covid-19 di Jatim.

“AlhamdulillIah, terima kasih kepada LIPI yang memberikan bantuan kepada kami Pemprov Jatim. Terimakasih atas seluruh ikhtiar luar biasa yang dilakukan bersama-sama. Insyaallah Jatim bisa menang melawan Covid-19,” yakin Khofifah. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *