Bagi-bagi Masker Forkopimda, Giliran Royal Plasa Jadi Sasaran

SURABAYA- Upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 terus dilakukan Forkopimda Jatim. Salah satunya melalui sosialisasi penggunaan masker kepada masyarakat hingga ke level grassroots.

Memasuki hari ketiga, Selasa (30/6/2020), sasaran yang dituju bagi-bagi masker Forkopimda adalah pengunjung dan pedagang di Royal Plasa, Surabaya.

Sekitar pukul 18.30 Wib, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI  Imran Baidirus, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah tiba di pusat perbelanjaan tersebut.

Setelah melewati bilik sanitizer dan pengukuran suhu badan, Forkopimda bersama Pangkogabwilhan II melakukan bagi-bagi masker kepada pengunjung dan pedagang, mulai dari lantai dasar hingga ke pusat makanan (food court).

Di pusat makanan, Forkopimda dan Pangkogabwilhan II menyapa para penjaga warung dan pengunjung yang sedang menikmati makanan. Tak lupa, mereka juga berpesan agar selalu menggunakan masker dan face shield, serta ikut mensosialisasikan kepada keluarga terdekat.

Selain Forkopimda, hadir juga dalam aksi tersebut, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim, di antaranya, Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kepala Bakesbangpol Jatim Jhonatan, dan Kasatpol PP Jatim Budi Santoso.

Mewakili Forkopimda dan Pangkogabwilhan, Kapolda Jatim Fadil Imran kepada wartawan mengatakan, masker yang dibagikan kepada masyarakat adalah masker bantuan dari Presiden Joko Widodo.

Sebanyak 2 juta masker yang diberikan Presiden Jokowi untuk didistribusikan kepada warga Jawa Timur. Bantuan masker dari Presiden Jokowi itu, menurutnya, sebagai bentuk perhatian, juga sebagai upaya untuk turut menekan angka penyebaran kasus covid-19 di Jawa Timur yang hingga kini masih tinggi.

Sebelumnya, saat pembagian masker di Pasar Kapasan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga menyatakan yang senada.

“Kedatangan kami ke sini adalah ingin menyampaikan amanah dari Bapak Presiden. Masker ini memiliki efektivitas sampai 60 persen untuk mencegah penularan,” ujar Khofifah.

Dalam beberapa hari ke depan, kegiatan bagi-bagi masker ini akan terus dilanjutkan ke beberapa titik kumpul masyarakat.

“Sampai kapan? Ya, ya sampai habis maskernya,” sergah Kapolda Jatim Fadil Imran. (*)

Leave a Reply