Bagikan

SURABAYA- Memasuki masa transisi menuju new normal, Panglima Koarmada II TNI AL bersama Gubernur Jatim dan jajaran Forkopimda Jatim menunjukkan kepeduliannya terhadap para nelayan yang terdampak Covid-19 di wilayah pesisir Surabaya dan Bangkalan.

Kepedulian itu diwujudkan melalui kegiatan bagi-bagi ribuan paket sembako yang dikemas dengan tajuk Peduli Kasih Dampak Covid-19 TNI AL.

Kegiatan yang dihadiri para petinggi TNI-POLRI, mulai Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Pangdiv-2 Kostrad, Dankodiklat AL, Danlanud hingga Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) ini dilangsungkan di Gladak Kapal KRI Makassar-590 yang lego jangkar di Perairan Suramadu, Jumat pagi (12/6/2020).

Hadir pula dalam acara itu, sejumlah anggota Forkopimda dan Kepala OPD Pemprov Jatim, di antaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Kajati Jatim, Kalanti Jatim Kepala PTTUN Jatim, Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono dan Kabapenda Jatim Boedi Priyo Soeprajitno.

Secara simbolis, penyerahan ribuan paket sembako itu dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya, Mayjend TNI Widodo Iryansyah, dan jajaran Forkopimda Jatim, serta Direktur Yayasan Budha Tzu Chi yang turut membantu bingkisan paket sembako.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto menegaskan, sebagai komponen TNI, seluruh institusi TNI AL di wilayah Surabaya secara prinsip mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam upaya menekan meluasnya penyebaran penularan Covid-19, termasuk pemberlakuan masa transisi menuju tatanan kehidupan baru (New Normal).

Terkait pembagian sembako, ia mengungkapkan, hari ini telah terkumpul lebih dari 3.000 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Khusus dalam kegiatan Peduli Kasih Dampak Covid-19, pihaknya telah membagikan 750 paket kepada para nelayan dari daerah Kenjeran, Batuporon dan Bulak Banteng yang kebetulan sedang melaut.

“Sisanya, prajurit kami akan membagikan langsung ke masyarakat pesisir di wilayah Jawa Timur,” terang Laksda Heru Kusmanto.

Sementara, Gubernur Jatim Khofifah dalam sambutannya berharap, pemberian bantuan ini bisa meringankan beban para nelayan yang ikut terdampak pandemi Covid-19.

“Terimakasih atas seluruh ikhtiar luar biasa yang dilakukan oleh Pangkoarmada II bersama jajarannya. Mudah-mudahan bentuk sapaan Pak Pangkoarmada II pada hari ini, akan dapat membantu meringankan beban para nelayan, agar bisa terus optimis di tengah pandemi Covid-19,” harap Khofifah. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *