Bagikan

Juknisnya sudah ada, maka hari ini akan ada tandatangan yang menandai bahwa kedua-belah pihak sudah siap. Mudah mudahan kita bisa membuat masyarakat kita menyambut lebaran dengan senyum.”

BOJONEGORO-  Mulai hari, Kamis (14/5/2020) hingga sepekan ke depan, Pemprov Jatim akan melakukan penandatanganan perjanjian Kerjasama (Mou) dengan Pemerintah kabupaten/kota se-Jatim terkait pengelolaan Bantuan Pangan Jaring Pengamanan Sosial (JPS).

Penandatanganan MoU JPS sebagai upaya penanganan dampak Covid-19 itu diawali dengan delapan pemerintah daerah yang berada di wilayah Bakorwil Bojonegoro.

Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono dengan Kepala Dinsos kabupaten/kota, atau instansi yang ditunjuk bupati/walikota di aula Bakorwil Bojonegoro.

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak dalam sambutannya menjelaskan, jumlah penerima bantuan pangan JPS se-Jatim  yang akan direalisasikan saat ini sekitar 655 ribu kepala keluarga penerima manfaat (KPM).

Dari jumlah KPM penerima tersebut, jumlah terbesar berada di wilayah Sidoarjo, Malang, Surabaya, Gresik, Jember dan Banyuwangi.

Rencananya, masing-masing KPM akan mendapat bantuan senilai Rp 200 ribu. Anggaran untuk JPS itu akan ditransfer Pemprov ke masing-masing kabupaten/kota yang besarannya sesuai dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di masing-masing daerah.

Dalam pelaksanaannya, Pemprov Jatim akan mempercayakan teknis penyerahannya kepada kabupaten/kota. Pemprov Jatim hanya akan mentransfer jumlah anggaran ke setiap daerah,

“Anggaran ini akan diserahkan kepada bupati dan walikota. Silakan dikelola dengan format tunai atau dalam bentuk barang, sesuai kearifan lokal masing masing,” kata Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini lalu menjelaskan, bahwa dua mekanisme tersebut sudah dirancang dan sudah didiskusikan sesuai dengan aturan.

“Juknisnya sudah ada, maka hari ini akan ada tandatangan yang menandai bahwa kedua-belah pihak sudah siap. Mudah mudahan kita bisa membuat masyarakat kita menyambut lebaran dengan senyum,” kata Emil.

Selain Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak dan Kalaksa BPBD Jatim, Suban Wahyudiono, hadir juga dalam acara itu, anggota DPRD Jatim, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Dyah Wahyu Ermawati; Bupati Bojonegoro, Hj Anna Muawanah,  dan jajaran Forkopimda di wilayah Bakorwil Bojonegoro. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − one =