Bagikan

SURABAYA- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memamerkan inovasi baru penanganan Covid-19 di bidang teknologi kesehatan kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, Doni Monardo, saat video conference (Vidcon) bersama 32 Gubernur se-Indonesia, Jumat (17/4/2020).

Inovasi berupa robot layanan medis, yang dinamai RAISA  (Robot Medical Assistant ITS-Unair) ini dipamerkan sebagai teknologi yang mampu mengurangi angka penularan virus Corona.

Sebab, robot kreasi ITS dan Unair ini memiliki keistimewaan mampu memberikan pelayanan pada pasien covid-19 tanpa mengharuskan tenaga kesehatan bertatap langsung dengan pasien covid-19.

Dalam Vidcon kali ini,  Gubernur Khofifah yang didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjend TNI Whisnoe PB juga menyampaikan rencana rekrutmen 470 tenaga medis baru untuk percepatan penanganan pasien yang terjangkit virus corona.

Dari 470 tenaga medis itu nanti sebanyak 110 orang akan didedikasikan di RSUA yang saat ini sedang mengembangkan ruang Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU). Sisanya akan disebar di 75 rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di Jatim.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan juga menyampaikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan patroli berskala besar di beberapa titik zona merah.

Selain mengurangi kerumunan massa, patroli tersebut juga bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan rapid test secara acak. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *