Bagikan

SURABAYA- Sebanyak 133 penumpang dan anak buah kapal (ABK) KM Niki Barokah  dari Banjarmasin yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa malam (14/4/2020) dinyatakan negatif virus Corona (Covid-19).

Kepastian itu dihasilkan setelah semua penumpang dan kru kapal menjalani proses screening secara ketat, mulai dari penyemprotan disinfektan, pemeriksaan suhu badan, hingga rapid test.

Proses screening itu dilakukan secara terpadu antara Satgas penanganan Covid-19 Jatim bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kantor Otoritas Pelabuhan (KOP), Kantor Kesahbandaran Utama Tanjung Perak, Polres PelabuhanTanjung Perak dan Polair Polda Jatim.

Sebelum semua penumpang turun di pelabuhan, petugas penyemprotan dengan mengenakan baju hazmat lengkap melakukan disinfeksi terlebih dahulu di semua sudut ruangan kapal.

Saat penumpang turun, satu per satu dari mereka juga dilakukan penyemprotan, pendataan, hingga pemeriksaan sesuai standar Covid-19.

“Hasilnya, semuanya negatif. Tidak ada penumpang yang terindikasi positif Covid-19,” ujar Gatot Soebroto, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim mewakili Satgas Penanganan Covid-19 Jatim.

Atas kondisi tersebut, semua penumpang diperbolehkan pulang, melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing.  Di antaranya ke Bangkalan, Sampang, Sumenep, Lumajang, Trenggalek, dan sejumlah daerah lainnya.

Sementara, hadir dalam penyambutan itu, Kepala KKP dr Budi Hidayat, Kepala Otoritas Pelabuhan M Dahri, Kepala Kantor Kesahbandaran Utama Tanjung Perak, Ir M. Tohir, Dir Polair Polda Jatim, Kombespol Arnapi, Kapolres PelabuhanTanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − seven =