Positif Covid-19 Jatim Bertambah 119, Surabaya Sumbang 83 Pasien

SURABAYA- Perkembangan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Jatim kian memprihatinkan. Update per Minggu (12/4/2020), jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 386 orang.

Padahal, sehari sebelumnya, angka pasien positif di Jatim masih 267. Dengan begitu, dalam sehari ini, telah terjadi penambahan pasien positif corona sebanyak 119 orang.

“Ada tambahan 119 baru positif Covid 19 di Jawa Timur,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam.

Khofifah menjelaskan, dari 119 pasien baru tersebut, Surabaya menjadi daerah penyumbang terbanyak, yakni 83 orang. Selanjutnya, Sidoarjo 10 orang, Lamongan 10 dan sisanya tersebar di sejumlah daerah lain.

“Di Surabaya, kita bisa melihat kenaikan yang signifikan hampir dua kali lipat dari kemarin. Sore hari ini, ada tambahan 83 sehingga total 180 orang dengan positif Covid 19. Sedang PDP di Surabaya 502 orang,” terangnya.

Atas peningkatan jumlah yang signifikan itu, Khofifah minta semua kalangan untuk meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan upaya pencegahan. Di antaranya, meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk tinggal di rumah, menjaga social distancing, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan.

“Kita juga akan meningkat koordinasi dengan Kapolda dan Pangdam dalam rangka mensosialisasikan upaya pencegahan,” tambahnya.

Kendati begitu, Khofifah juga masih mengaku bersyukur, karena pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh hari ini bertambah 4 orang. Rinciannya, 1 Sidoarjo, 1 Kediri dan 2 di Kota Surabaya. Total pasien sembuh berjumlah 69 orang. Untuk pasien meninggal, juga bertambah 3 orang, yakni Lumajang 1 orang dan Kabupaten Kediri 2 orang.

Sementara, berdasarkan hasil tracing kekinian, jumlah orang dalam pemantaun (ODP) telah mencapai 14.092 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 1.383 orang. (*)

Leave a Reply