Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di Bhumi Marinir Karang Pilang

“Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi”

Kegiatan “Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi” yang berkolaborasi antara BPBD Provinsi Jawa Timur dengan Resimen Bantuan Tempur (Menbanpur) Korps Marinir dan Indonesia Off-road Federation (IOF) di Lapangan Bhumi Marinir Karang Pilang, pada hari Sabtu 11 Januari 2020. Turut hadir juga Badan SAR Nasional Kantor Surabaya.


Apel kali ini menggelar peralatan berupa kendaraan-kendaraan yang dapat digunakan (kendaraan jip dan trail) untuk menjangkau lokasi yang sulit (off-road), kendaraan evakuasi, alat kesehatan, peralatan komunikasi, dapur umum dan meninjau kesiapan personil, tentara serta relawan IOF.
Menbanpur menyediakan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur dibawahnya guna melaksanakan tugas-tugas dukungan Perbekalan dan Peralatan, Angkutan Bermotor, Komunikasi dan Elektronika, Zeni, Polisi Militer serta Kesehatan dalam rangka pelaksanaan operasi pendaratan amfibi serta operasi lainnya (Operasi Penanggulangan Bencana).
Sedangkan peran dari IOF Jawa Timur dalam keadaan darurat dapat membantu mobilisasi, menjangkau, mendistribusikan logistik, evakuasi korban pada daerah yang sulit dijangkau (off-road) oleh kendaraan biasa.

Leave a Reply