Bagikan

Mengantisipasi ancaman bencana erupsi Gunung Api Lamongan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyusun rencana kontijensi tingkat Provinsi Tahun 2016 di Malang, Rabu (10/2).


“BPBD Jatim beserta BPBD Probolinggo, BPBD Lumajang dan BPBD Jember telah menyusun rencana kontinjensi,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesipasiagaan BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi, saat di konfirmasi, Rabu (10/2).

Rencana kedaruratan dini ini sebagai langkah dalam menghadapi berbagai kemungkinan peristiwa alam yang terjadi seperti rencana tempat pengungsian dan persiapan sumber daya untuk menghadapi ancaman bencana erupsi Gunung Api Lamongan.

“Penyusunan rencana kontijensi ini dalam rangka menyiapkan kemungkinan terjadinya ancaman bencana erupsi Gunung Api Lamongan. Jadi, kita melakukan perencanaan klaster/sektoral (kebutuhan), penilaian bahaya, penentuan kejadian, pengembangan skenario kejadian, asumsi dampak serta penyusunan tujuan dan strategi yang akan dilakukan” jelasnya.

Selain itu, Yanuar Rachmadi mengatakan, rencana kontinjensi itu juga melibatkan banyak pihak seperti Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia serta instansi/lembaga/dinas-dinas terkait yang ada di tingkat Provinsi  Jawa Timur.

Diharapkan dengan diadakannya rencana kontijensi ini akan meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antar klaster, serta meminimalisir dampak yang diakibatkan erupsi Gunung Api Lamongan. ™

Sumber : Humas BPBD Prov. Jatim

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *