Bagikan

Hujan deras yang terus terjadi akhir-akhir hari ini membuat beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur dilanda bencana banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mencatat banjir terjadi di beberapa wilayah seperti Surabaya, Sidoarjo, Lumajang, Mojokerto, Jombang, Gresik, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Jember, Bondowoso, Situbondo, Blitar, Lamongan, Bojonegoro dan Sampang.

Meningkatnya volume air sungai yang ada di Jawa Timur, mengakibatkan beberapa tanggul sungai jebol. Selain volume sungai yang meningkat, banjir juga diakibatkan oleh banjir rob yang melanda wilayah di pesisir pantai. Dampak yang diakibatkan bencana banjir yaitu lahan pertanian dan rumah warga terendam air.

 Petugas BPBD Jatim Menyerahkan Bantuan Logistik Kepada Korban Banjir di Jombang

Penanganan dilakukan BPBD Jatim, dengan mengirimkan bantuan logistik ke wilayah-wilayah yang dilanda bencana banjir tersebut.
“BPBD Jawa Timur sudah memberikan bantuan berupa sembako, tambahan gizi, glangsing, terpal, kantong mayat dan kebutuhan dasar lainnya. Yang di distribusikan ke daerah-daerah terdampak bencana banjir di wilayah Jawa Timur” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Timur, Achmad Robiul Fuad, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/2).

Tetapi, kata Achmad Robiul Fuad, ketinggian air di beberapa daerah kini sudah relatif surut. “Pada dasarnya semua sudah aman dan terkendali, saya sudah dapat laporan bahwa beberapa daerah sudah surut. Yang perlu diwaspadai saat ini, ada kecenderungan naiknya debit air di wilayah Bojonegoro.” ujarnya.

Selain banjir, kata dia, BPBD Jatim juga tengah mengantisipasi terjadinya longsor di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. ™

Sumber : Humas BPBD Prov. Jatim.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *