Bagikan

Puluhan rumah warga dan sawah di Desa Wonoboyo Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (31/01) dini hari, diterjang bencana banjir yang disertai longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logsitik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Achmad Robiul Fuad mengatakan, “Sama halnya dalam penanganan bencana di Situbondo, kami sudah melakukan koordinasi teknis dengan instansi terkait, dan diperlukan penanganan darurat, kami juga mengirimkan bantuan berupa lauk pauk (makanan siap saji) dan tambahan gizi untuk korban terdampak bencana di Kabupaten Bondowoso”. saat ditemui diruang kerjanya, Senin (01/02).

“Hari ini petugas BPBD Jatim berangkat mengirimkan tambahan bantuan dan melakukan pendataan kebutuhan” ujarnya.

Banjir disertai longsor tersebut disebabkan adanya hujan deras yang terjadi di Desa Rajekwesi yang berbatasan langsung dengan Desa Wonoboyo Kecamatan Klabang.

Ketinggian banjir di Desa Wonoboyo mencapai 50 centimeter dan merendam sekitar 30 rumah warga, banjir juga merendam 10 hektar sawah milik warga.

Menurut informasi dari BPBD Bondowoso, sudah dilakukan penanganan bencana tersebut. Dalam proses penanganannya, BPBD berkoordinasi dengan Camat Klabang, Dinas Sosial dan Dinas Pengairan.

Sampai saat ini, dilaporkan kerusakan akibat bencana banjir rumah warga terbenam lumpur, sedangkan untuk area persawahan milik warga yang terendam lumpur berpotensi gagal panen. Selain rumah warga dan lahan persawahan, terdapat beberapa pohon tumbang yang menghalangi arus air, beberapa tanggul penahan air dilaporkan rusak dan memicu terjadinya longsor.

Dihimbau kepada masyarakat yang berada daerah rawan untuk terus meningkatkan kewaspadaannya, mengingat sampai saat ini curah hujan di wilayah Kabupaten Bondowoso masih cukup tinggi. ™

Sumber : Humas BPBD Prov. Jatim.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *