Bagikan

Tim SAR Gabungan masih terus melakukan operasi di jalur pendakiaan Gunung Lawu. Sore ini, 15 orang pendaki yang dikabarkan masih melakukan ritual di puncak Lawu telah bertemu dengan tim penyisir dari Basarnas. Selain rombongan ini, tim juga bertemu dengan tiga pendaki yang masih berada di jalur pendakian. Meski sudah diminta untuk turun, hanya empat pendaki yang berkenan untuk turun. Mereka turun melalui jalur Candi Cetho, yang sebelumnya telah di data oleh tim untuk dikoordinasikan dengan Polsek Tawangmangu.

Giat operasi hari ini dengan pergerakan Tim Perhutani dan Tim Basarnas, telah berjalan lancar. Rencana operasi sudah dilaksanakan di lapangan. Pergerakan personil juga telah dibagi berdasar kemampuan. Informasi yang diperoleh dari Tim Basarnas, hari ini dibagi menjadi tiga Sru. Untuk Sru I ditempatkan pada puncak Argo Dalem, lokasi ini merupakan padepokan yang sering dituju oleh pendaki yang melakukan ritual, Sru II berada di pos II Cemoro Kandang dan Sru III berada di pos IV Cemoro Sewu.

Masing-masing Sru melakukan antisipasi bilamana ada pendaki yang masih berada di atas gunung. Hingga informasi ini disampaikan, Sru I yang berada di puncak Gunung Lawu masih melakukan penyisiran. Rencananya Sru I akan bermalam di puncak dan terus memantau bila ada pendaki atau api yang kembali menyala.

Untuk tim perhutani, hari ini telah membuat ilaran (sekat penahan api). Hal ini dilakukan untuk melokalisasi api supaya tidak menyebar ke areal yg blm terbakar. Rencananya besok Rabu (21/10) tim dari perhutani akan menambah jumlah personil sebanyak 90 orang. Penambahan personil ini dimaksudkan supaya dapat menjangkau areal yang cukup luas. Informasinya 90 personil yang akan dikerahkan berasal dari masyarakat sekitar, sehingga paham dengan kondisi kontur dan situasi alam di Gunung Lawu dan sekitarnya.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *