Tangguh Award 2015, Jatim Bawa Pulang Dua Piala

Tangguh Award 2015 menjadi acara yang ditunggu-tunggu dalam rangkaian Peringatan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB) di Solo, Jawa Tengah. Acara ini mengumumkan berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh BNPB serta penghargaan beberapa kategori yang menunjang kinerja penanggulangan bencana di Indonesia.

Berbagai katagori telah dinilai oleh tim dari BNPB dan hasil dari penilaian tersebut disampaikan pada malam acara Tangguh Award 2015. Acara yang digelar mewah di Sunan Hotel, Solo ini menghadirkan seluruh pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se Indonesia pada Sabtu (17/10). 

Adapun tingkatan yang dinilai dari kinerja BPBD se Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu tingkat provinsi dan kota/kabupaten. Tahun ini BPBD Jawa Timur meraih dua piala terbaik di dua katagori yang dinilai BNPB. Penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri oleh BNPB dilakukan secara tertutup selama setahun dengan melihat aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing BPBD.

Kategori baru dalam gelaran Tangguh Award 2015 yaitu katagori Pengelola data Bencana dan PUSDALOPS. BPBD yang meraih penghargaan ini adalah BPBD yang dinilai kinerja dan kerjasamanya baik dalam menyampaikan laporan bencana di daerahnya ke Pusdalops BNPB. Dengan kriteria yang telah ditentukan oleh dewan juri, BPBD Jawa Timur meraih predikat terbaik tingkat Provinsi. 

Tidak hanya itu, Jawa Timur juga memboyong piagam dan piala terbaik di kategori Website Terbaik BPBD Tingkat Provinsi. Meski katagori ini telah dimunculkan sejak awal Tangguh Award, penghargaan ini merupakan kali pertama di boyong oleh BPBD Jawa Timur.

Kedua penghargaan diterima langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Bapak Drs. Ec. Sudarmawan, MM. Penyerahan penghargaan ini disaksikan sedikitnya 1000 peserta dengan menghadirkan hiburan kesenian lokal Jawa Tengah. 

Di tingkat kabupaten/kota, Kota Probolinggo juga memboyong piala dan piagam di Tanggh Award 2015 kali ini. Masuk dalam katagori Website Terbaik BPBD Tingkat Kabupaten/Kota, Kota Probolinggo menjadi contoh kabupaten/kota di Jawa Timur untuk dapat terus meningkatkan publikasi ke masyarakat.

Diharapkan dengan adanya apresiasi kinerja yang diselenggarakan oleh BNPB, dapat memacu BPBD baik tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk terus berinovasi. Semoga akan memacu kinerja BPBD yang lain untuk dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Sehingga akan terwujud Pengurangan Risiko Bencana Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Selamat untuk pemenang dan sampai bertemu di pekan pengurangan risiko bencana tahun depan

.

Leave a Reply