Bagikan

Dusun Sembung, Desa Celaket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto mengalami longsor. Bencana terjadi pada Senin (19/01) dini hari saat masyarakat tengah beristirahat. Terpantau akses jalan penghubung Desa Padusan dan Celaket tertutup total oleh material longsoran.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, melakukan penanganan darurat di lokasi bencana. Tidak adanya penahan tanah di titik longsor, dan curah hujan dengan intensitas lebat serta durasi panjang mengakibatkan material menutup akses jalan. Dimensi longsoran yang mencapai 15 x 10 meter persegi ini mengakibatkan lalu lintas tertutup untuk beberapa waktu.

Material longsor harus dibersihkan dengan menggunakan alat berat. BPBD, Perhutani dan PU Bina Marga bergotong royong bersama warga untuk melakukan kerja bakti secara swadaya agar jalan dapat kembali di lalui.

BPBD Jatim melalui Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops), terus melakukan pemantauan di wilayah-wilayah yang menjadi daerah rawan bencana. Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko bencana yang ditimbulkan. Masyarakat dihimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya dikarenakan bencana hidrologi diperkirakan masih akan terjadi seiring dengan peningkatan curah hujan. 

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *