Bagikan

Sampang, Jawa Timur dilanda puting beliung. Tak kurang enam rumah mengalami rusak akibat bencana ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang berkoordinasi dengan instansi pemerintah daerah melakukan penanganan darurat dan kerja bakti bersama warga membenahi rumah dan jalan desa yang porak poranda akibat hembusan angin tersebut.

Jumat (16/01) sore yang sejuk dengan cuaca mendung membuat warga Dusun Pandan Barat desa Pandan kecamatan Omben tidak membayangkan akan adanya bencana di lingkungannya. Sekitar pukul 15.30 WIB, tiba-tiba angin kencang datang dan merusak rumah warga. Bangunan rusak dan puing-puing rumah menimpa tiga orang warga. Korban luka ringan langsung ditangani oleh puskesmas setempat.

Warga yang mengalami luka adalah Adrai (70), Nurbiah (65) dan Jalil (35). Seluruhnya merupakan warga Desa Pandan Kecamatan Omben kabupaten Sampang. Rumah yang menagalami rusak berat tercatat sebanyak dua unit milik Jalil (35) dan Adrai (70). Tidak hanya rumah, sebanyak tiga unit musollah pun menjadi sasaran angin puting beliung. 

Pemerintah setempat berupaya untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami musibah dengan memberikan bantuan berupa sembako. Perbaikan bangunan yang rusak juga terus dilakukan warga secara gotong royong bersama TNI dan Polri. Hingga akhir Januari 2015 wilayah Jawa Timur masih dalam kondisi siaga bencana hidrologi. Upaya sosialisasi dan penyampaian peringatan dini terus dilakukan BPBD Jawa Timur untuk mengurangi dampak akibat kejadian bencana yang muncul.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *