Longsor Kota Batu

Hujan dengan intensitas lebat dengan durasi panjang mengakibatkan longsor di kawasan perbukitan Kota Batu, Jawa Timur. Tanah yang tidak dapat menahan air hujan, meluber ke jalan alternatif Pujon-Batu pada Rabu (14/01) pukul 03.00 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama dengan instansi terkait melakukan tindakan darurat guna kejadian longsor segera di tangani. Kondisi ini mebuat arus lalu lintas terganggu dan dilakukan pengalihan jalur oleh Dinas Perhubungan bersama Polsek Kota Batu.

Titik longsoran dengan dimensi 20 x 30 meter ini, tepatnya terjadi di Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu. Perkiraan ketinggian tebing yang longsor sekitar 3 meter dengan material yang menutup jalan kurang lebih mencapai 200 meter kubik. Petugas pemadam kebakaran bersama relawan melakukan pembersihan material longsor. Meskipun jalan tersebut merupakan jalur alternatif, namun jalan ini termasuk kawasan padat lalu lintas. 

Hingga pukul 15.30 WIB lokasi ini masih belum dapat dilalui pengguna jalan dikarenakan masih licin untuk dilalui. Kendala pembersihan tetap dihadapi dikarenakan cuaca di sekitar longsoran masih terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Meskipun demikian, sekitar pukul 16.00 WIB, jalan sudah dapat dilalui dengan penjagaan petugas dari Dinas Perhubungan dan Polres Batu serta BPBD setempat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Leave a Reply