Bagikan

Musim penghujan ditanggapi serius oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. Berkiblat pada tahun-tahun sebelumnya, saat musim penghujan adalah saat bencana alam hidrologi muncul. Banjir dan longsor merupakan kejadian yang menjadi langganan hampir di seluruh Indonesia terlebih Jawa Timur.

Pusat pengendali dan operasi (Pusdalops) BPBD Jatim yang selama ini telah berjalan dengan sistem 24/7 terus dikembangkan. Musim penghujan posko siaga bencana meluaskan jaringan dengan mengundang aparat TNI Polri beserta komunitas radio frekuensi yang berada di Jatim. Piket yang dilakukan berbentuk posko bersama guna mengantisipasi adanya bencana. 

Posko gabungan berada di kantor BPBD Jatim, tepatnya di ruang Pusdalops. Para petugas harus secara berkala melakukan pemantauan diseluruh wilayah Jatim. Sebanyak 38 kota/kabupaten menjadi perhatian khusus terlebih saat ada laporan bahwa wilayah tersebut mengalami hujan dengan intensitas tertentu.

Pantauan yang dilakukan dapat diperoleh dari berbagai sumber. Seperti dari komunitas radio yang tersebar diseluruh wilayah Jatim, mereka dapat melaporkan secara langsung melalui frekuensi yang sudah resmi. Informasi lainnya bisa diperoleh dari laporan yang diberikan dari polres atau kodim yang dapat dengan mudah diperoleh dari personil yang melakukan tugas piket tersebut.

Posko bersama yang berlangsung sejak 25 Desember 2014 hingga pertengahan Februari 2015 ini sangat bermanfaat. Hal ini disampaikan kepala BPBD Jatim saat menyampaikan paparan di apel pagi. “Keterlibatan unsur luar BPBD sangat membantu untuk dapat dengan mudah memperoleh informasi serta pergerakan personil jika dibutuhkan untuk evakuasi atau kebutuhan lainnya di lokasi kejadian bencana.” Jelas Sudarmawan.

Sejauh ini Jatim masih relatif cukup aman meski ada beberapa banjir dan longsor, namun masih bisa diatasi dengan baik. Pantauan yang dilakukan tidak hanya dari laporan masyarakat saja, melainkan dari lembaga pemerintah seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Lembaga tersebut merupakan rujukan dalam memperoleh informasi cuaca, peringatan dini, maupun kondisi gunungapi. 

Meski posko yang dibentuk berjugul posko banjir & longsor, pantauan yang dilakukan tidak hanya banjir dan longsor namun seluruh ancaman yang berada di Jatim. Tidak menutup kemungkinan jika bencana lain yang melanda, posko juga harus tetap melakukan tindakan.

 

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *