Bagikan

Sumenep – Sedikitnya 61 rumah rusak di kecamatan Batu Putih, kabupaten Sumenep, Jatim akibat puting beliung. Dipastikan emapat desa menjadi sasaran angin kencang pada Senin (01/12) pukul 11.30 WIB. Warga yang rumahnya rusak sementara berada di masjid dan musollah yang berada di desa masing-masing, sembari menunggu perbaikan rumah selesai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep telah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan pendataan terhadap dampak dari kejadian bencana tersebut. Desa yang mengalami kerusakan terparah yaitu desa Batuputih Laok. Kerusakan terdiri dari dua rumah rusak berat dua rumah rusak sedang dan 22 rumah rusak ringan. Rusaknya rumah warga diperparah dengan hujan dengan intensitas sedang yang terus mengguyur wilayah tersebut hingga malam hari.

Fasilitas umum juga tidak terlepas dari hembusan angin kencang. Sebanyak 1 unit musolla rusak berat di desa Batuputih Kenek, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Sumenep Jatim. Pusdsalops BPBD Jatim terus memantau perkembangan kejadian ini dikarenakan kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana cukup besar. BPBD setempat bekerjasama dengan aparat desa bersama SKPD terkait juga melakukan tindakan darurat. Pembenahan rumah warga juga masih dilakukan supaya segera dapat dihuni kembali.

Wilayah yang juga tak kalah parahnya yaitu desa Banyuputih Daya dan desa Gedang di kecamatan Banyuputih. Diperkirakan sebanyak 28 rumah rusak di dua desa ini. Bantuan bahan makanan kepada warga yang mengalami musibah juga sudah dikirimkan. BPBD Sumenep akan melakukan pendampingan di masing-masing desa untuk melakukan pelayanan darurat dan pemenuhan kebutuhan dasar. 

Diperkirakan Jatim akan mengalami puncak musim penghujan pada Januari – Februari 2014. Persiapan akan datangnya musim penghujan masih terus dilakukan untuk mengurangi dampak risiko bencana yang akan muncul. BPBD Jatim terus menghimbau kepada seluruh masyarakat Jatim untuk mewaspadai bencana yang terjadi pada waktu peralihan musim. 

 

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *