Bagikan

Kabupaten Gresik mengalami kejadian serupa. Puting beliung melanda Dusun Gridi, Desa Pacoh Kecamatan Balong Panggang pada Sabtu (29/11). Sebanyak 18 rumah rusak dengan intensitas sedang. Sebagian besar kerusakan berada di atap yang menggunakan genting. Saat kejadian, aliran listrik terputus akibat adanya tiang yang roboh. Upaya pembersihan terhambat dikarenakan waktu kejadian menjelang magrib dan mendung tebal. 

Diwaktu bersamaan dengan kabupaten Gresik, Kabupaten Bojonegoro juga mengalami puting beliung. Sebanyak tiga desa di tiga kecamatan merasakan angin kencang yang merobohkan pepohonan di jalan desa. Desa Semambung kecamatan Kanor merupakan terdampak puting beliung terparah. Sebanyak dua rumah rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang akibat kejadian tersebut. Dua desa lainnya yaitu desa Cengkungkung, kecamatan Gayam dan desa Manukan, Kecamatan Malo juga merasakan tiupan angin yang sangat kencang. Pohon-Pohon yang berada di sepanjang jalan desa di dua Desa tersebut tumbang dan menutup jalan. BPBD bersama TRC Kabupaten Bojonegoro telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna melakukan pembenahan di seluruh wilayah terdampak. Bantuan sembako juga telah dikirimkan untuk warga yang rumahnya rusak.

 

Pacitan – Longsor terjadi di Kabupaten Pacitan Jawa Timur dan menimbun rumah warga. Hujan dengan intensitas sedang membuat tanah di lereng dusun Krajan desa Klesem, kecamatan Kebonagung rapuh dan longsor. Kejadian ini mengakibatkan satu rumah warga rusak dengan intensitas berat.

Musim penghujan mulai tiba, beberapa warga di wilayah rawan longsor mulai meningkatkan kewaspadaan dalam pengurangan risiko bencana. Pada Sabtu (29/11) sekitar pukul 03.00 dini hari terjadi longsor dan menimpa satu rumah milik Sukanto (32). Dalam satu rumah tersebut terdapat tiga jiwa yang kala itu berada di teras rumah. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kerugian akibat bencana lebih dari Rp 10 juta. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) telah melakukan pendampingan terhadap warga yang mengalami musibah. Bantuan berupa makanan siap saji dan sembako juga telah disalurkan oleh kepala BPBD Kabupaten Pacitan. Warga bersama-sama membantu untuk mengangkut timbunan lumpur yang memenuhi rumah. Sementara ini, rumah masih belum bisa di tempati dan korban masih menumpang di rumah kerabatnya.

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu dari 38 kabupaten di Jawa Timur yang rawan longsor. BPBD baik kabupaten maupun provinsi telah mengantisipasi kondisi tersebut. Bantuan makanan siap saji dan berbagai keperluan rumah tangga telah disiagakan di posko BPBD Kota/Kabupaten. Gunanya bilamana terjadi bencana, bantuan tersebut bisa segera di distribusikan kepada masyarakat dengan cepat. 

 

Lamongan – Sebanyak empat dusun di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang terendam air bercampur lumpur. Kondisi ini dikarenakan hujan deras sejak Sabtu (29/11) siang hari hingga pukul 17.30 WIB. Kali Bujel tidak mampu menampung air hujan yang turun dan mengakibatkan tanggul kali tidak dapat lagi dapat menampung. 

Sebanyak 55 kk di empat dusun menjadi korban terdampak luapan kali Bujel. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lamongan, telah melakukan pendataan terhadap kerusakan dan dampak akibat bencana tersebut. Dusun yang terdampak adalah Dusun Bujel, Jedang, Guman, dan Tapas. BPBD telah melakukan koordinasi dengan muspika dan aparat desa untuk menangani bencana ini. Masyarakat setempat juga sudah melakukan pembersihan di lokasi banjir secara swadaya. 

Sementara warga yang rumahnya mengalami kerusakan masih mengungsi di rumah kerabatnya. BPBD Kabupaten Lamongan telah mengirimkan bantuan berupa sembako dan makanan siap saji kepada korban terdampak banjir. Selain rumah yang terendam, terdapat kandang ayam yang ikut menjadi sasaran luapan air. Dipastikan ada beberapa ekor ayam yang hilang, terseret arus banjir bandang. Harta benda warga juga tidak terlepas dari genangan air. Sebanyak lima unit mobil terendam saat diparkir di garasi rumah. 

Kejadian ini juga mengingatkan kita untuk tetap waspada terhadap bencana yang mungkin saja menghampiri. Saat kejadian banjir, hujan deras masih terus mengguyur kabupaten Lamongan. Secara keseluruhan Jatim saat ini masih masuk dalam awal musim hujan. Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya, hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi risiko bencana yang akan ditimbulkan.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *