Bagikan

Banjir masih melanda wilayah Jawa Timur. Sebanyak empat desa di kabupaten Banyuwangi terendam. Dipastikan sebanyak dua rumah rusak berat dalam bencana ini.
Berdasarkan pantauan yang dilakukan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur pada Sabtu (12/07) hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di wilayah sebelah timur Jatim tersebut. Hujan tidak kunjung berhenti hingga malam hari. Hal ini mengakibatkan dua kali yang berada di wilayah tersebut tidak dapat menampung air hujan yang turun. Kondisi ini juga diperparah dengan adabya fenomena full moon (bulan purnama) yang terjadi di wilayah Jatim. Sehingga di wilayah hilir mengalami pasang air laut. Akibatnya Kali Bagong dan Kali Lo tidak dapat mengalir ke laut.
Terpantau ketinggian air di desa Pakis, Sobo, Sumberejo dan Kepatihan mencapai 1,5meter. Kondisi ini membuat Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kab. Banyuwangi mengambil tindakan evakuasi. Warga yang berada di wilayah yang rawan diungsikan ke masjid yang kondisinya aman. Hingga Minggu (13/07) air masih menggenangi wilayah pesisir pantai kabupaten tersebut. “Bantuan sembako dan makanan siap saji diberikan kepada warga untuk makan sahur,” kata petugas pusdalops saat dihubungi. Dilaporkan dari kejadian ini warga yang terdampak sekitar 1000 kk. Hingga kini BPBD setempat masih melakukan pendampingan kepada warga yang mengalami banjir. Bantuan perlengkapan sekolah sangat dibutuhkan mengingat Senin (14/07) anak-anak mulai masuk sekolah dan kondisi rumah dan isinya terendam air.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published.