Penurunan Raung Waspada-Normal

Suhu udara Gunungapi Raung pada Rabu (30/04) terpantau 18-30 celcius. Hembusan asap kawah terpantau mulai stabil. Kondisi ini, mengisyaratkan, gunung sempat siaga di tahun 2013 lalu, berubah status menjadi normal (level I).

Gunungapi Raung  merupakan salah satu gunung yang menjadi pemantauan dalam rangka mengatisipasi terjadinya Erupsi . Bedasarkan surat keputusan Nomor 586/45/BGL.V/2014 yang dilayangkan oleh pusat vulkanologi mitigasi Pada Tanggal 17 Juni 2014 Status Kegiatan Raung menjadi Normal.

Pos Pengamatan Gunungapi Raung (PPGA) di Ds. Sumber Arum Kec. Songon Banyuwangi terus memantau gunung tersebut. Cuaca cerah menyelimuti wilayah di sekitar pos pantau dan puncak Raung. Meski demikian sesekali hujan juga mengguyur puncak dan tiga kabupaten yang merupakan kawasan rawan bencana (KRB) Raung.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) selalu  berkoordinasi dengan BNPB,dan BPBD setempat .Himbauan bagi masyarakat agar tidak mendengarkan isu-isu tentang letusan, Masyarakat maupun Wisatawan tidak diperbolehkan mendekati Kawah dan turun ke Kawah yang ad di Puncak Raung.

Surat keputusan PVMBG silakan >> unduh disini << (DYN)

Leave a Reply