Aktivitas Gunungapi Ijen

Gunungapi Ijen hingga sore ini masih berstatus waspada level 2. Hal ini diungkapkan oleh pengamat pos gunung api Ijen di kecamatan Licin, Banyuwangi. Heri mengatakan bahwa memang terjadi peningkatan aktivitas Gunungapi Ijen, namun tidak mempengaruhi status dan masih dalam kondisi yang wajar.

Tercatat pergerakan kegempaan di gunung berkawah itu mengalami peningkatan tremor antara 2-6 ml. Pantauan vusual terdapat gelembung dengan diameter 10 meter di kawah aktif dan terpantau bertekanan lemah. Selain itu informasi yang diterima Pusdalops BPBD Prov. Jatim, gempa vulkanik terpantau fluktuatif dan cuaca di sekitar kawah cerah.

Dengan kondisi demikian masih cukup aman untuk warga dan rekomendasi dari PPGA Ijen dianjurkan radius 1 Km harus steril. Dihimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya guna meminimalisasi korban dan kerugian akibat aktivitas gunungapi Ijen.BPBD setempat terus melakukan koordinasi dengan PPGA Ijen bilamana terjadi aktivitas yang membahayakan masyarakat sekitar. Sehingga dapat segera melakukan tindakan darurat.

Leave a Reply