Gunungapi Kelud Mengeluarkan Abu Vulkanik

Aktivitas Gunungapi Kelud hingga Jumat (02/05) masih terpantau stabil meski beberapa gunung lainnya mengalami peningkatan. Namun, pada Sabtu (03/05) terpantau di puncak Kelud terjadi hujan yang cukup deras. Hal ini membuat masyarakat yang berada di hilir sungai dari hulu puncak Kelud meningkatkan kewaspadaan. Hujan terjadi pada pukul 13.26 WIB, keadaan hampir seluruh wilayah Jawa Timur terpantau mendung. Hingga pukul 15.10 WIB di sekitaran Kelud masih terpantau hujan dan sudah mulai terpantau aliran sungai yang mulai deras menuju hilir sungai.

Dari pantauan pengamat pos Gunungapi Kelud, pada pukul 14.50 WIB terjadi hembusan abu vulkanik. Hembusan terpantau mengarah ke timur – timur laut. Kajadian tersebut dilaporkan beberapa wilayah mengalami hujan abu tipis. Informasi yang didapat Pusdalops BPBD Prov. Jatim, Kecamatan Ngantang kabupaten Malang dan Dusun Laharpang kecamatan Puncu Kabupaten Kediri mengalami hujan abu. Hingga berita ini disampaikan, pemantauan masih dilakukan dan pada pukul 15.45 WIB material gunung Kelud sudah melewati waduk Siman dengan kondisi material panas.

Dihimbau kepada seluruh warga yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) Gunungapi Kelud untuk tetap waspada akan peningkatan aktivitas yang terjadi. Masyarakat diminta untuk sementara tidak keluar rumah selama abu masih turun.

Leave a Reply