Bagikan

Kejadian : Longsor

Lokasi    : Kecamatan Bareng, Jombang

Pergerakan tanah mulai terjadi di beberapa titik yang mengakibatkan tertimbunnya rumah warga. Dilaporkan kejadian longsor di Dusun Kopen Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, Jombang terjadi pada dini hari Selasa (28/01) pukul 01.30 WIB. Dapat diinformasikan bahwa secara umum daerah bencana merupakan daerah perbukitan yang termasuk wilayah lereng gunung Anjasmara dengan kemiringan lereng terjal. Pada titik longsor terdapat sedikitnya lima rumah yang tertimbun material longsor. Material tanah yang berada di titik longsor merupakan batuan gunungapi Anjasmara Muda (Qpva) yang terdiri dari batuan gunungapi, tuf, lava, dan lahar. Dari informasi yang diterima Pusdalops BPBD Jatim, sebanyak lima orang warga luka-luka, 7 orang meninggal dan 7 orang lagi masih dilakukan pencarian. Hingga berita ini diturunkan, tim SAR bersama warga beserta TNI & Polri masih terus melakukan pencarian terhadap warga yang tertimbun longsoran. Menurut surat yang dikirim PVMBG tetang pergerakan tanah yang terjadi di lokasi kejadian bencana, wilayah tersebut merupakan daerah rawan tanah gerak dengan potensi menengah. Oleh karenanya,di daerah yang rawan tanah gerak dengan potensi menengah kemungkinannya dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal. Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada di titik rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi kerugian risiko bencana. 

Daftar Korban Meninggal :

No

Nama

L/P

Usia

1

Sariaji

L

45

2

Rokhimah

P

40

3

Tanto

L

35

4

Khoirunisa

P

30

5

Pudin

L

17

6

Lilik Suprihatin

P

30

7

Sodik

L

17

Daftar Korban Luka :

No

Nama

L/P

Keterangan

1

Khusaini

L

Dirawat di Puskesmas Bareng

2

Istiatin

P

 

Kejadian : Banjir

Lokasi    : Kecamatan Pungging, Kab. Mojokerto

Situasi hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto mengakibatkan banjir dibeberapa titik. Kejadian ini terjadi pada Selasa (28/01) pukul 04.00 WIB. Lokasi kejadian tepatnya di empat dusun, yaitu Dusun Bekatol, Jogodoyo, Guo, Jabon. Seluruhnya berada di Desa Jabon Tegal Kecamatan Pungging. Informasi yang diterima Pusdalops BPBD Jatim, warga yang terdampak banjir sebanyak 350 keluarga terdiri dari 750 jiwa. Hingga berita ini diturunkan, BPBD setempat bersama instansi terkait masih terus melakukan pendataan terhadap dampak banjir yang dialami oleh warga.

 

Kejadian : Banjir

Lokasi    : Kecamatan Blega, Bangkalan

Tingginya air di sepanjang aliran sungai kecamatan Blega yang berbatasan dengan Kabupaten Sampang ditambah dengan hujan yang mengguyur dari pukul 01.00 WIB hingga pagi hari, mengakibatkan air meluap. Banjir yang terjadi pada Selasa (28/01) ini mulai meluber ke perkampungan sekitar pukul 05.30 WIB. Air hujan yang turun mengalir ke sungai dan bertemu dengan air laut dan dipastikan merendam sebanyak 12 dusun. Ketinggian air dilaporkan antara 50-100 cm namun hingga berita ini diturunkan belum ada laporan tentang pengungsian. Kondisi cuaca dilaporkan masih mendung dan hujan rintik-rintik. Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap waspada dan terus memperhatikan arahan pemerintah setempat guna mengurangi dampak risiko terhadap bencana.

 

Kejadian : Banjir

Lokasi    : Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan

Banjir yang diakibatkan luapan sungai di sekitar Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan ini terjadi pada Selasa (28/01) pukul 07.00 WIB. Hujan di kawasan Hulu yaitu di kecamatan gempol, mengalir ke lokasi kejadian bencana dan mengakibatkan luapan di dua desa yaitu desa Cangkring dan Kedungringin Tengah. Informasi yang diterima Pusdalops BPBD Jatim bahwa warga yang rumahnya tergenang sebanyak 100 keluarga. Ketinggian air antara 30 – 60 cm. Hingga berita ini diturunkan, Pusdalops BPBD Kabupaten Pasuruan masih terus melakukan pemantauan pergerakan air sungai yang memungkinkan terjadinya luberan luasan wilayah terdampak banjir. 

 

Kejadian : Banjir

Lokasi    : Kecamatan Jrengik, Sampang

Dapur umum telah disiagakan dalam rangka pelayanan darurat akibat bencana di Kabupaten Sampang. Dilaporkan hujan yang mengguyur sejak Senin (27/01) mengakibatkan air meluber di perkampungan warga. Kecamatan yang berbatasan dengan laut ini, dilaporkan pada Selasa (28/01) terjadi peningkatan tinggi air laut. Laporan yang diterima Pusdalops BPBD Jatim, sebanyak dua desa terdampak banjir, yaitu Desa Galangan Perahu dan Desa Tamban Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Hingga berita ini diturunkan BPBD setempat masih melakukan tindakan darurat dan terus melakukan pendataan terhadap wilayah yang terdampak.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *