BPBD Jawa Timur Juara dalam Penanganan Darurat Bencana

Kinerja BPBD se-Indonesia nampaknya juga menjadi perhatian oleh BNPB. Dalam setahun terakhir BNPB melakukan monitoring terhadap program yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa kriteria ditetapkan menjadi penilaian yang dilombakan dan dinobatkan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional BNPB. Sebagai apresiasi atas kinerja dan prestasi BPBD, maka BNPB memberikan penghargaan kepada BPBD provinsi dan kabupaten/kota sebagai BPBD yang terbaik.

Penyelenggaraan Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Jakarta ini menjadi sangat penting bagi BPBD se-Indonesia khususnya Jawa Timur. Karena dalam acara ini diumumkan penilaian yang dilakukan BNPB terhadap bidang-bidang dalam struktur organisasi BPBD seluruh Indonesia.

Penilaian dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu Perencanaan dan pengelolaan keuangan, Akuntabilitas dan Tertib Administrasi, Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Penanganan Darurat, Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Logistik dan Peralatan. Dengan kategori tersebut, BPBD Prov. Jawa Tengah yang meraih predikat terbaik se- Indonesia.

Penyerahan penghargaan ini, disaksikan sekitar 1.400 peserta Rakornas BNPB dan BPBD se Indonesia , BPBD Jawa Timur telah meraih juara ke 2 (dua) masing masing  pada kategori Pencegahan dan Kesiapsiagaan, dan Penanganan Darurat. Apresiasi yang diberikan oleh BNPB inilah yang menjadi pendorong bagi masing-masing BPBD se-Indonesia untuk dapat memberikan kemampuan terbaik dalam penanganan bencana.

Tak ingin kalah dengan perolehan yang diraih oleh BPBD Jawa Timur, BPBD Kabupaten. Pasuruan meraih penghargaan setingkat kab/kota se-Indonesia. Untuk BPBD Kab. Pasuruan memperoleh juara 3 dengan kategori Perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Diharapkan dengan adanya apresiasi yang diraih oleh BPBD Jawa Timur dan Kab. Pasuruan bisa sebagai pendorong bagi BPBD Kab/Kota yang lain untuk bisa meningkatkan pelayanan terhadap penanganan bencana. Jawa Timur merupakan wilayah yang sarat dengan bencana oleh sebab itu maka, masyarakat harus ditanamkan motto seperti yang di canangkan oleh BNPB, Tumbuh menjadi masyrakat yang sadar bencana, Utuh membangun masyarakat peduli bencana dan Tangguh menghadapi bencana.

Leave a Reply