Bagikan

Pelaksanaan mitigasi bencana salah satu kegiatan yang penting dalam rangka mengurangi resiko bencana. Sebagaimana diketahui, Gunung api Ijen salah satu gunung dari 7 gunung api yang aktif di Jawa Timur. Sehingga beberapa kegiatan mitigasi sangat penting dilakukan di wilayah terdampak gunung tersebut.

Berdasarkan kebutuhan tersebut maka BPBD Jatim berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan mitigasi bencana di Gunungapi Ijen. Dalam kegiatan ini difokuskan terhadap pembuatan peta dengan memanfaatkan fasilitas open source software. Open source merupakan fasiitas yang gratis dan tidak ada batasan dalam pengembangan program.

Gunung ijen sangat dinamis melihat dari naik turun status gunung ijen, oleh karena itu, kegiatan yang diselenggarakan pada Senin (08/10) ini difokuskan untuk rencana kontigensi dalam penanganan bencana Gunungapi Ijen. Peserta yang menjadi prioritas kegiatan ini berasal dari wilayah yang berdampak yaitu dari kab. Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Midtown, Surabaya ini akan menggali data tentang Gunungapi Ijen, sehingga akan dapat tersusun rencana kontigensi. Peserta akan diberikan pemahaman tentang bagaimana tentang memanfaatkan tehnologi open street map. Dengan open street map daerah tidak memerlukan biaya yang tinggi dalam rangka menyusun peta rawan dan berdampak Gunungapi Ijen.

Harapan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menghimpun data yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Sehingga kegiatan ini dapat menjadi berkesinambungan dengan daerah.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =