Bagikan

Kegiatan monitoring bagi lembaga merupakan kegiatan yang penting dalam rangka mewujudkan good governent. Monitoring yang dilakukan oleh BPBD diantaranya tentang pemberian bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tahun 2011-2012 yang berpolakan hibah dari BNPB. Acara yang dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso ini turut dihadiri Direktur Penanganan Pengungsi dari BNPB, Pudji Rahardjo, SH.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Pudji Raharjo bahwa dana pelaksanaan fisik dialokasikan pada BPBD Kab/Kota. Selanjutnya untuk pengawasan/supervisi dan monitoring dilakukan oleh BPBD Provinsi tepatnya di bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan rutin dalam rangka mendengarkan keluhan, permasalahan dan progres penyelesaian bantuan.

Sebanyak 14 Kab/Kota hadir pada acara yang diselenggarakan pada 4-5  September ini. Hingga bulan Agustus 2012, prosentase yang telah direalisasikan sebanyak 44\% dan penyerapan anggaran sebanyak 26,14\%. Diharapkan penyerapan anggaran dan penyelesaian program dapat dilaksanakan dengan seimbang, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Dari prosentase tersebut, beberapa kab/kota memiliki kendala yang mengakibatkan prosentase tidak seimbang antara penyerapan anggaran dengan pembangunan fisik. Bahkan beberapa kabupaten masih memanfaatkan anggaran 2,90\% dari 293juta total anggaran yang dihibahkan. Hal ini dikarenakan ada kendala di daerah, seperti misalnya penerbitan ijin pengerjaan dan kesediaan warga masyarakat untuk realisasi bantuan tersebut.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *