Pembagian Ta’jil Gratis

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jatim untuk melakukan kegiatan untuk masyarakat. Pada Jumat, 27 Juli 2012 dengan berbagai peralatan lapangan yang dimiliki, dilakukan kegiatan pembagian ta’jil kepada masyarakat pengguna jalan yang melaju di depan kantor BPBD Prov. Jatim.

Kegiatan yang melibatkan staf dan pejabat di BPBD ini menjadi satu kegiatan rutin yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Ta’jil yang dibagikan merupakan makanan yang disiapkan oleh panitia dengan memanfaatkan mobil dapur umum. Mobil yang digunakan pada saat kondisi tanggap darurat ini berisi berbagai macam peralatan dapur. Seperti kompor lengkap dengan tabung gas, lemari pendingin dan tempat pencuci piring.

Dalam kegiatan ini, BPBD juga menampilkan beberapa peralatan canggih yang digunakan dalam rangka menanggulangi bencana. Mobil komunikasi yang merupakan bantuan dari BNPB adalah perlengkapan andalan yang dimiliki oleh BPBD. Fungsi dari mobil komunikasi sangat kompleks dalam rangka melakukan transfer komunikasi saat terjadi bencana.

Bagaimana yang biasa kita ketahui, bilamana terjadi bencana informasi langsung dari tempat kejadian menjadi sesuatu yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Dengan menggunakan mobil komunikasi yang dilengkapi dengan sarana komunikasi satelit dapat mengatasi masalah kesulitan komunikasi di tempat yang berdampak bencana.

Sebanyak 250 paket ta’jil disiapkan oleh BPBD dalam kegiatan ini. Untuk kali ini, menu yang dibagikan merupakan hasil olahan staf yang dikoordinatori oleh Bidang Kedaruratan dan Logistik. Paket makanan ringan, minuman dingin dan nasi bungkus menjadi satu paket yang siap dibagikan saat mendekati waktu berbuka puasa.

Leave a Reply