Bagikan

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB , Ir. Dody Ruswandi, MSCE membuka secara resmi acara yang diikuti oleh seluruh BPBD Provinsi se-Indonesia yang berlangsung pada 9 – 10 Juli 2012 bertempat di Hotel Millennium Sirih, Jakarta. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan identifikasi kebutuhan TIK dalam penanggulangan bencana serta evaluasi pemanfaatan sistem informasi terintegrasi yang ada di BPBD Provinsi.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan manfaat TIK dalam penanggulangan bencana dengan tema materi “IT untuk Bencana” yang disajikan oleh pakar informasi teknologi, Onno W. Purbo, Ph.D. Selanjutnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, Dr. Sutopo Purwo Nugroho memberikan materi mengenai dukungan peralatan TIK BNPB untuk penanggulangan bencana. Dalam paparannya, salah satu peralatan TIK yang dapat dimanfaatkan adalah Comunnication Mobile (COMOB). Fungsinya sebagai alat bantu dalam upaya tanggap darurat, sebagai media center dan membantu terselenggaranya pusat komando di lokasi bencana.

Karena baru beberapa provinsi yang telah mendapat bantuan COMOB, agenda workshop juga memamerkan COMOB kepada peserta lainnya yang BPBD-nya belum mendapat bantuan COMOB. Diharapkan COMOB dapat menjadi perangkat komunikasi yang dapat dimanfaatkan pada saat terjadi bencana. Pada saat sistem komunikasi terputus akibat bencana, mobil ini akan menjadi garda terdepan dalam informasi di lokasi bencana dan menjadi mata bagi BNPB sehingga dapat berkoordinasi dengan pelaksana lapangan.

Untuk lebih memahami pentingnya peran TIK untuk pengurangan resiko, acara diisi berbagai materi yang diberikan oleh berbagai narasumber seperti K.R.T Adi Koesoemo (Unsur Pengarah BNPB), Ir. Neulis Zuliasri M.Si (Kepala Bidang Informasi), dan Widya Setiabudi (Program Manager, Training and Outreach AIFDR). Widya Setiabudi dalam penyajiannya mengambil contoh kasus penggunaan ICT dalam penanggulangan kebakaran di New South Wales, Australia untuk menjelaskan pemanfaatan TIK dalam penanggulangan bencana di berbagai negara.

Diskusi kelompok mengakhiri rangkaian acara workshop. Diskusi ini membahas inventarisasi kebutuhan TIK yang digunakan di masing-masing provinsi dalam rangka mendukung penanggulangan bencana.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *