Bagikan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur kembali melakukan kegiatan koordinasi dengan beberapa kabupaten yang menerima bantuan sosial berpola hibah kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tahun 2011. 

Acara yang dilaksanakan pada 3 Juli 2012 ini dimaksudkan sebagai sarana komunikasi dan evaluasi bagi lembaga BPBD yang berada di Jawa Timur. Agenda yang diusung kali ini membahas tentang bantuan yang telah diberikan oleh pusat kepada daerah yang tertimpa bencana di Jawa Timur. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk pertanggung jawabaan daerah kepada pusat.

“Dengan adanya bantuan dana berpola hibah kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dari pemerintah pusat kami merasa betul-betul merasa terbantu dalam menanggani kerusakan akibat bencana di daerah.” ungkap kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur dalam sambutannya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Bromo View Probolinggo ini membahas seputar sejauhmana proses pelaksanaan pemberian bantuan kepada masyarakat di masing-masing kabupaten. Selain itu juga membahas seputar kendala dan hambatan yang mungkin dialami oleh tiap-tiap kabupaten.

Terlepas dari kemampuan pemerintah yang memberikan bantuan berpola hibah, dalam pelaksanaan rapat ini juga mengundang beberapa kota/kab. yang melakukan pengajuan bantuan. Sebanyak 15 Kota/Kabupaten mengajukan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayahnya masing-masing.

Untuk pengajuan yang dilakukan dari kota/kabupaten, BPBD Jawa Timur melakukan verifikasi tentang dampak yang dilami oleh masyarakat dan ketersediaan bantuan. Dalam penutup sambutan bapak kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur berpesan untuk selalu berpedoman pada petunjuk teknis pelaksanaan yang tertuang pada peraturan kepala BNPB no 14 tahun 2011 serta ketentuan lain yang berlaku di wilayahnya masing-masing.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *