Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan

“Masalah lingkungan yang kita hadapi dewasa ini khususya kawasan perkotaan pada dasarnya merupakan masalah yang sangat komplek bagi kehidupan manusia.” Sepenggal kutipan sambutan Kepala Pelaksana BPBD Prov Jawa Timur dalam rangka kegiatan Bintek Pengelolaan Lingkungan, Mitigasi Bencana dan Antisipasi Dampak Perubahan Iklim di Kawasan Perkotaan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementrian Dalam Negeri, Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah. Bintek ini dilaksanakan dalam rangka melakukan Penguatan Pengelolaan Penanggulagan Bencana di Daerah. Sebanyak 25 orang peserta yang hadir dalam kegiatan ini yang terdiri dari  kepala BPBD dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam sambutan Kepala BPBD Prov Jatim juga menyampaikan bahwa kegiatan yang berbasis kebencanaan sangat penting dalam rangka menambah pengetahuan. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Inna Simpang ini juga sebagai sarana membangun pemahaman, kesadaran dan kesiapsiagaan aparat dalam menghadapi kemungkinan dampak terburuk dari  perubahan iklim terhadap lingkungan.

Di acara pembukaan acara yang di laksanakan pada Minggu 17 Juni 2011 ini, turut membuka acara Dr. Drs. Afriadi Sjahbana Hasibuan, MPA, MCom selaku Plh Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa belum optimalnya pengelolaan lingkungan, mitigasi bencana dan antisipasi perubahan iklim.

Diulas dalam sambutan tersebut tentang indikasi pengelolaan isu tersebut yaitu menurunnya kualitas lingkungan pemukiman perkotaan seperti pencemaran udara, air dan tanah sehingga dapat mempengaruhi kualitas hidup manusia. Berdasarkan factor tersebut, maka diharapkan bimbingan teknis tersebut dapat menjadi sarana sosialisasi beberapa kebijakan dan strategi penanggulangan bencana.

Adapun kegiatan ini membahas tentang Konsep pengelolan dampak lingkugan, Mitigasi bencana dan dampak perubahan iklim di perkotaan. Hal ini dimksudkan sebagai sarana persiapan dalam menyusun rancangan peraturan menteri dalam negeri tantang pedoman pengelolaan mitigasi bencna di kawasana perkotaan.

Selain itu acara ini juga membahas tentang singkronisasi program kegiatan penanggulangan bencana nasional dan daerah. Diharapkan dengan adanya forum ini terciptanya hubungan yang harmonis antara badan penanggulangan bencana daerah maupun nasional serta satuan kerja perangkat daerah lainnya.

Leave a Reply