Pameran Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IX Nasional dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 40 di pusatkan di Jawa Timur. Dalam kegiatan ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur turut serta melakukan publikasi terhadap tupoksi lembaga.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oada 24-26 Mei 2012 tersebut BPBD melakukan sosialisasi terhadap teknologi yang menunjang kerja dalam baik dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana, saat bencana maupun setelah terjadinya bencana. Beberapa peralatan yang di usung oleh BPBD seperti mobil komunikasi, merupakan kendaraan yang berisi perlengkapan komunikasi yang bertugas dalam keadaan darurat.

Selain itu, alat pelaporan kejadian gempa juga ditampilkan di stan yang bernuansa orange tersebut. Layar LCD yang terpampang di stan berisi tentang pelaporan aktivitas kegempaan, gunung api dan peringatan dini tsunami menjadi perhatian khusus bagi para pengunjung.

Ketertarikan pengunjung menjadi tinggi dikarenakan terdapat vidio terjadinya bencana dan imbas dari bencana yang sangat menakutkan. Beberapa pengunjung mengapresiasi tentang sosialisasi dengan visual yang sangat mudah dicerna. Diharapkan sosialisasi seperti ini dapat dilakukan hingga ke lokasi yang memang benar-benar berada di kawasan rawan bencana.

Kegiatan BBGRM kali ini adalah Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kasatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Serta Partisipasi Masyarakat Menuju Kemandirian Bangsa. Sesuai dengan tema BPBD juga menampilkan foto-foto yang bernuansakan gotong royong. Seperti kegiatan pemetaan yang dilakukan masyarakat dengan Koramil dalam rangka mengantisipasi terjadinya erupsi maupun lahar dingin Gunung Semeru.

Diharapkan kegiatan semacam ini dapat menjadi sarana bagi lembaga untuk melakukan pemahaman atas bahaya bencana baik alam maupun non alam. Sehingga masyarakat juga memahami serta dapat berperan aktif untuk dapat mengurangi dapak yang dialami dalam kejadian bencana tersebut.

Leave a Reply