Nota Kesepahaman Dana Bantuan Sosial Berpola Hibah

Penyerahan dana hibah rehabilitasi bencana diserahkan di Hotel Majapahit, Surabaya. Sebanyak 18 Kota/Kabupaten se-Indonesia mendapatkan dana hibah yang diserahkan langsung oleh kepala BNPB Dr. Syamsul Ma’Arif, M.Si. Dana sosial berpola hibah tersebut diperuntukkan untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Pemerintah dalam hal ini BNPB memberikan dana sosial pasca bencana sektor sosial ekonomi melalui pengembangan budidaya rumput laut. “Dengan adanya dana pemulihan ekonomi melalui pembudidayaan rumput laut ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, sekaligus menurunkan kerentanan sehingga dapat mengurangi risiko/dampak terjadinya bencana.” Tegas Kepala BNPB dalam sambutanya.

Penyerahan dan hibah yang dilaksanakan pada Selasa (8/5) ini, merupakan kegiatan BNPB dalam rangka mendistribusikan dana rehabilitasi. Adapun kota/kabupaten yang menjadi penerima 3 diantaranya adalah dari Jawa Timur. Kabupaten yang menerima bantuan tersebut adalah Kab. Pacitan, Probolinggo dan Situbondo, penilaian penerima dana sepenuhnya berada di pusat.

Kabupaten penerima bantuan merupaka daerah yang memiliki garis pantai yang bisa digunakan sebagai tempat kembang biak tanamanan rumput laut. “Peningkatan kesejahteraan masyarakat korban  bencana Berbasis Masyarakat diharapkan dapat merupakan suatu agenda tetap dan rutin sebagai bagian dari proses kehidupan masyarakat sehari-hari.” Ungkap Kepala BNPB di akhir sambutan.

Leave a Reply