Bagikan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan, kerjasama dan membangun jejaring komunikasi serta pemikiran yang selaras dari seluruh anggota Relawan Penanggulangan Bencana, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Temu Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur pada tanggal 23 April 2012 bertempat di Hotel Utami Jalan Raya Juanda – Sidoarjo. Rapat ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari :

a. Unsur Relawan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.
b. Unsur Staf BPBD/Bakesbang Kab/Kota se-Jawa Timur
c. Unsur Relawan Lembaga/Instansi/Organisasi Provinsi Jawa Timur :

Satpol PP, Tagana, PMI, SER-NU Jatim, PT. Perusahaan Gas Negara, PT. Sampoerna Tbk, PT. Gudang Garam Tbk, PT. Semen Gresik, FPBI Jatim, Senkom Mitra Polri Kota Surabaya, pramuka UNESA, Surabaya Emergency Response Surabaya, Jangkar Kelud, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Jalawira Universitas Hang Tuah Surabaya, Yayasan SPMAA Kab. Lamongan, Mupalas Universitas Muhammadiyah Surabaya, Karina Surabaya, Tagana Surabaya, YABI Kab. Tulungagung.

Ada beberapa materi yang disampaikan yaitu :

a. Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat dengan narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Timur
b. TNI Membangun Ketangguhan Bangsa dalam menghadapi Bencana dan transisi menangani Pemulihan keadaan darurat oleh Aster Dam V/ Brawijaya
c. Membangun Komitmen bersama para pegiat Penanggulangan Bencana di Jawa Timur oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur
d. S A R dan Evakuasi oleh Badan SAR Surabaya

Pelaksanaan berjalan dengan lancar, para peserta sangat antusias dan pertemuan seperti ini sangat diharapkan oleh seluruh anggota Relawan untuk berkoordinasi antar unsur relawan yang berada diwilayah Jawa Timur sehingga dapat saling membangun jejaring komunikasi. Apabila terjadi bencana, para relawan diharapkan bisa segera melaporkan situasi dan kondisi di lapangan kepada Pemerintah mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi bahkan Pemerintah Pusat.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *