BPBD JATIM RAIH BNPB AWARD 2012, BPBD PROVINSI TERBAIK

Dalam Rapat Koordinasi dan Pelatihan tingkat Nasional BNPB 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 3 Februari 2012 di Jakarta, BNPB memberikan penghargaan kepada BPBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam upaya penanggulangan bencana selama tahun 2011. Dalam pengumuman tersebut BPBD Jatim Meraih Juara I BPBD Provinsi terbaik se Indonesia untuk kategori Akuntabilitas, tidak hanya itu BPBD Kabupaten Bojonegoro juga meraih jaura II BPBD Kabupaten/Kota terbaik se Indonesia kategori Pra Bencana sedangkan Pacitan meraih dua penghargaan, juara III kategori Pasca Bencana dan Perencanaan, keuangan, dan kelembagaan.
Dalam sambutan, Kepala BNPB, Dr. Syamsul Maarif, M.Si. mengungkapkan apresiasi kepada BNPB dan BPBD atas upaya selama ini dalam kegiatan penanggulangan bencana sehingga kinerja selama ini mendapatkan apresiasi baik dari dalam dan luar negeri. Syamsul Maarif menekankan bahwa penanggulangan bencana adalah kerja kemanusiaan yang harus membutuhkan kesungguhan hati dalam pelayanan kepada masyarakat yang terdampak bencana. “Masyarakat adalah klien kita”, ungkap Syamsul Maarif. “Apabila kita dikritik, janganlah kita mempertahankan diri. Terima kritikan itu sehingga kerja kita menjadi lebih baik,” tambah beliau di hadapan para peserta dari BPBD seluruh Indonesia. Syamsul Maarif juga mengingatkan bahwa BPBD juga harus melibatkan masyarakat setempat dan dunia usaha sebagai elemen dalam penanggulangan bencana di daerah. 
Pada kesempatan itu, BNPB memberikan penganugerahan kepada BPBD baik di tingkat provinsi/kabupaten/kota dalam upaya penanggulangan bencana selama ini. Penganugerahan BPBD ini didasarkan pada beberapa kategori, antara lain pra bencana, tanggap darurat, pasca bencana, logistic dan peralatan, akuntabilitas, dan perencanaan, keuangan, dan kelembagaan. Berikut hasil prestasi penilaian dan penganugerahan kepada BPBD provinsi/kabupaten/kota terbaik 2012.

BPBD Provinsi Terbaik 2012:

No Kategori Juara I Juara II Juara III
1 Pra bencana Sumatera Selatan NTT Jawa Barat
2 Tanggap darurat Sulawesi Utara Jawa Tengah Sumatera Selatan
3 Pasca bencana Kalimantan Barat Jawa Tengah Jambi
4 Logistic dan peralatan Jawa Barat Sumatera Selatan NTB
5 Akuntabilitas Jawa Timur Sumatera Barat Sulawesi Selatan
6 Perencanaan, keuangan, dan kelembagaan Jambi Sulawesi Utara Kalimantan Bar

BPBD Kabupaten/Kota Terbaik 2012:

No Kategori Juara I Juara II Juara III
1 Pra bencana Aceh Barat Bojonegoro Minahasa Utara
2 Tanggap darurat Cilacap Aceh Barat Bone Bolango
3 Pasca bencana Kapuas Hulu Aceh Besar Pacitan
4 Logistic dan peralatan Banjar Cilacap Kota Pontianak
5 Akuntabilitas Pati Sleman Banda Aceh
6 Perencanaan, keuangan, dan kelembagaan Aceh Barat Kapuas Hulu Pacitan

Leave a Reply