Dua Hari Kedepan Jawa Timur diprediksi dilanda Angin Kencang

Angin Puting Beliung yang melanda beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur diperkirakan merupakan imbas dari badai tropis yang diakibatkan tekanan rendah yang terjadi di Australia.
Menurut Petugas BMKG Juanda Surabaya Rabu (25/1), diperkirakan badai ini akan terus berlangsung hingga dua hari kedepan dengan kecepatan antara 40-50 km/jam. Akibatnya gelombang air laut, khususnya di pesisir pantai selatan, akan tinggi hingga lebih dari tiga meter.
Khusus hari ini hingga besok, suhu udara di sekitar Jawa Timur berkisar antara 23-33 derajat Celcius dengan hembusan angin antara 5-40 kilometer per jam dari arah barat menuju timur. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi merata di seluruh Wilayah Jawa Timur dengan jarak pandang antara 3-10 kilometer dan kelembaban udara 62-95 persen.
Berdasarkan Informasi dari BMKG tersebut, BPBD Jatim mengimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya angin puting beliung, masyarakat dihimbau untuk menghindari dibawa pohon-pohon besar, papan reklame dll.

Dari laporan bencana yang sudah masuk di BPBD Provinsi, ada beberapa Kabupaten yang telah dilanda Angin Puting Beliung, diantaranya Kabupaten  Situbondo, Malang, Blitar, Kediri, Trenggalek yang menyebabkan kerusakan pada rumah bahkan ada korban meninggal tertimpa pohon dan reklame.

BPBD Provinsi Jawa Timur telah berkoordinasi dan menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam tersebut.

 

 

Leave a Reply