BPBD Jatim salurkan sembako dan uang duka cita untuk korban banjir di Jember dan Jombang

BPBD Jatim bergerak cepat dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi di di Kabupaten Jember dan Jombang dengan menurunkan tim reaksi cepat serta telah menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan santunan uang duka cita kepada korban meninggal saat kejadian bencana tersebut.

Banjir sendiri melanda Kabupaten Jember tanggal 6-7 Januari 2012 di Desa Harjo Mulyo Kec Silo, Desa Wonosari Kec Tempurejo, Desa Cangkring dan Sruni Kec Jenggawah yang disebabkan oleh curah hujan tinggi. Sedangkan banjir yang melanda Kabupaten Jombang terjadi di Desa Brudu, Desa Trawasan, Kedungbetik, Palrejo akibat dari hujan yang terus mengguyur wilayah Jombang Sabtu (7/1/2012) malam selama beberapa jam.

Sebelumnya berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG bahwa untuk wilayah Jawa Timur pada saat ini telah memasuki musim penghujan antara bulan Desember sampai dengan bulan Maret. Untuk itu kita BPBD Jatim terus mengimbau kepada seluruh masyarakat di Jawa Timur khususnya BPBD Kab/Kota untuk terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan ini.

BPBD Jatim melalui dana bantuan dari BNPB telah menyalurkan berbagai macam bantuan sarana prasarana dan logsitik untuk siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor, seperti genset, bronjong pelampung, glangsing, kantong mayat, sepatu boot, jas hujan, alat komunikasi, senter dll serta peralatan penunjang posko yang ditempatkan pada lokasi-lokasi rawan banjir dan tanah longsor di kecamatan dan Desa serta memberikan bantuan permakanan berupa 500 paket sembako dan makanan siap saji (nasi goreng, nasi rendang, nasi opor, bubur kacang hijau, sarden, ikan saus cabe dll).

 

Leave a Reply