Engkau Torehkan Banyak Catatan di BPBD Jatim

Engkau torehkan banyak catatan…

(Kepala Pelaksana BPBD jatim Periode Juni 2010 s/d Januari 2012)

Kamis (5/1/12) Drs. Siswanto, MM resmi digantikan oleh Drs. Sudarmawan, MM (mantan Sekda Bangkalan/Staf Khusus Gubernur Jatim). Sedangkan Mantan Kepala Pelaksana BPBD Jatim ini diberi amanat baru sebagai Staf Ahli Gubernur Jatim Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

 

Baru 18 bulan memimpin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Juni 2010 s/d Januari 2012) Drs. Siswanto, MM sudah melakukan banyak gebrakan. Badan yang baru berdiri 2 tahun silam ini terletak di Jl. A. Yani 156 Surabaya dahulunya merupakan eks kantor pertanian/Satkorlak PB Jatim. Kantor yang sebelumnya berwanrna kuning ini langsung digebrak dengan mengganti warnanya menjadi dominan orange yang memang identitas/simbol dari Rescue atau Penanggulangan Bencana.

Drs. Siswanto, MM merupakan sosok pemimpin yang profesional, kreatif, cepat serta melayani. Beliau juga merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan seluruh bawahannya. Banyak torehan catatan yang dilakukannya selama hampir satu setengah tahun memimpin BPBD Jatim, diantaranya terbentuknya Jatim Rescue yang merupakan Relawan Jawa Timur yang mewadahi seluruh elemen-elemen relawan yang ada di Jawa Timur (Tagana, Satgana, Pramuka, Menwa, SER NU, dll). Jatim Rescue sendiri merupakan garda terdepan BPBD Jatim dalam menaggulangi bencana yang terjadi di seluruh wilayah Jawa Timur.

Tidak hanya Jatim Rescue, untuk mendukung informasi kebencanaan, Drs. Siswanto, MM juga berhasil membentuk Pusat Informasi Bencana (PIB) yang juga terletak di jl. A. Yani 156 Surabaya. PIB merupakan pusat database dan informasi kebencanaan yang merangkup sebagai posko 24 jam PB Jatim. PIB menyediakan seluruh data dan informasi kebencanaan di Jawa Timur, Nasional bahkan International. Melalui pantauan langsung EWS gempa bumi, info gunung berapi dan cuaca serta pengelolaan situs bpbd-jatim.com sebagai sarana publikasi BPBD Jatim dengan dukungan sarana prasarana IT yang mutakhir.

BPBD yang mempunyai tiga fungsi pokok sebagai koordinasi, komando dan pelaksana sudah berjalan dengan baik. hal ini terbukti dengan makin kuatnya kelembagaan BPBD Jatim sendiri maupun koordinasi dengan SKPD terkait seperti PU, Dinsos, Dinkes dll. Ditingkat Kab/Kota BPBD Jatim juga mempunyai koordinasi yang baik dan sejalan dengan BPBD Kab/Kota. BPBD Jatim juga banyak berperan dalam memberikan dorongan atas terbentuknya BPBD Kab/Kota, sampai saat ini sudah 30 BPBD Kab/Kota yang terbentuk dan mempunyai ikatan garis koordinasi, komando yang sangat erat dengan BPBD Jatim.

Selama menjadi komandan BPBD jatim Drs. Siswanto, MM terlibat dan turun langsung diberbagai penanggulangan bencana seperti banjir, tanah longsor, angin putting beliung diberbagai Kab/Kota. Berminggu-minggu tinggal di posko tanggap darurat erupsi Gunung Bromo (Desember akhir s/d Januari 2011) bersama Badan/Dinas/Instansi terkait serta relawan dalam proses PB Gunung Bromo,  menjadi komandan dan terjun langsung ke lapangan dalam Jatim Peduli Meletusnya Gunung Merapi di Jogyakarta dan Jawa Tengah.

Serta berbagai bencana lainnya yang melanda Jawa Timur seperti Kekeringan di 21 Kab/Kota dan yang terakhir sebelum meninggalkan BPBD Jatim, beliau masih terlibat aktif dalam penanggulangan bencana siaga darurat Gunungapi Ijen di Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi serta bencana banjir dan tanah longsor di Jawa Timur.

Selamat menempuh tugas baru Bapak Penanggulangan Bencana Jatim…semoga ditempat yang baru engkau tetap menjadi pemimpin yang profesional, kreatif, cepat serta melayani.

Selamat datang Bapak Drs. Sudarmawan, MM di BPBD Jatim, kami akan selalu membantu dan mendukung dalam melanjutkan program serta gebrakan baru yang lebih baik untuk terwujudnya penanggulangan bencana yang handal, terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

 

 

 

Leave a Reply