Bagikan

Berdasarkan Buku Prakiraan Musim Hujan 2018/2019 Jawa Timur disampaikan bahwa musim hujan dimulai pada bulan September 2018. Selanjutnya kondisi ini akan merata di wilayah Jawa Timur bulan November 2018.

Pergeseran musim hujan yang terjadi dipengaruhi oleh fenomena sebagai berikut :
1. El Nino dan La Nina
El Nino di Indonesia, sangat tergantung dengan kondisi perairan wilayah Indonesia. Fenomena El Nino yang berpengaruh di wilayah Indonesia dengan diikuti berkurangnya curah hujan secara drastis, baru akan terjadi bila kondisi suhu perairan Indonesia cukup dingin.

La Nina secara umum menyebabkan curah hujan di Indonesia meningkat bila dibarengi dengan menghangatnya suhu permukaan laut di perairan Indonesia.

2. Dipole Mode
Merupakan fenomena interaksi laut – atmosfer di Samudera
Hindia yang dihitung berdasarkan perbedaan nilai (selisih) antara anomali
suhu muka laut perairan pantai timur Afrika dengan perairan di sebelah
barat Sumatera.

3. Sirkulasi Monsun Asia – Australia
Sirkulasi angin di Indonesia ditentukan oleh pola perbedaan tekanan
udara di Australia dan Asia. Pola tekanan udara ini mengikuti pola peredaran matahari dalam setahun yang mengakibatkan sirkulasi angin di Indonesia umumnya adalah pola monsun, yaitu sirkulasi angin yang mengalami perubahan arah setiap setengah tahun sekali.

4. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone/ITCZ)
ITCZ merupakan daerah tekanan rendah yang memanjang dari barat ke timur dengan posisi selalu berubah mengikuti pergerakan posisi matahari ke arah utara dan selatan khatulistiwa.

5. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Perairan Indonesia
Kondisi suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia dapat digunakan sebagai salah satu indikator banyak sedikitnya kandungan uap air di atmosfer, dan erat kaitannya dengan proses pembentukan awan di atas wilayah Indonesia.

Dari ulasan di atas, analisa BMKG dapat menunjukan kapan dan bagaimana sifat hujan yang akan terjadi pada tahun 2018/2019. Dari analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa sifat hujan selama musim hujan 2018/2019 diprakirakan umumnya NORMAL. Selain itu, jumlah curah hujan selama musim hujan berkisar antara 1001 – 1500 mm. Hanya sebagian kecil Zona Musim (ZOM) mengalami curah hujan antara 2001-2500mm.

Buku Prakiraan Musim Hujan 2018/2019 Jawa Timur dapat diunduh pada tautan ini >>klik disini<<

By dino

One thought on “Prakiraan Musim Hujan 2018/2019”
  1. Tetimakasih untuk informasinya, hal ini sangat berguna apalagi kami dari keluarga petani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *